Hujan Deras Sejak Siang, Depok Kembali Dikepung Banjir

Sejumlah wilayah Depok terendam banjir. Salah satunya di Jalan Margonda. (DepokToday.com)
Sejumlah wilayah Depok terendam banjir. Salah satunya di Jalan Margonda. (DepokToday.com)

DepokToday- Imbas hujan deras, sejumlah wilayah di Kota Depok kembali terendam banjir pada Kamis, 5 Agustus 2021. Di jalan utama, banjir bahkan menyebabkan arus lalu lintas tersendat.

Seperti yang terpantau di kawasan Jalan Margonda, Jalan Arif Rahman Hakim dan Jalan Juanda. Banjir setinggi sekira 40-50 cm itu membuat arus lalu lintas di Kota Depok itu macet cukup panjang.

“Banjir lagi nih Jalan Arif Rahman Hakim, airnya deras,” kata Anjar, salah satu pengendara motor di lokasi kejadian.

Banjir di Bukit Cengkeh, Depok. (DepokToday.com)
Banjir di Bukit Cengkeh, Depok. (DepokToday.com)

Selain di sejumlah jalan utama tersebut, banjir juga merendam beberpa pemukiman warga. Di antaranya di Perumahan Bukit Cengkeh, Taman Duta dan di Pondok Tirta Mandala. Banjir di perumahan tersebut mencapai sekira 50 cm.

Buruknya drainase dan banyaknya tumpukan sampah disebut-sebut menjadi penyebab utama banjir kerap melanda sejumlah wilayah tersebut. Hingga berita ini diturunkan, hujan deras masih melanda Kota Depok.

Depok Banjir Hingga Tanah Longsor

Longsor di bantaran Kali Pesanggrahan, Jalan Usman Bontong, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan pada Senin 2 Agustus kemarin, masih meninggalkan rasa was-was bagi Fatimah, salah seorang warga sekitar sekaligus saksi kejadian.

Alasannya, rumah yang dia tempati bersama keluarganya kini mengalami kondisi rawan longsor. Fatimah mengatakan, sebelum kejadian, rumah yang dia tempati sudah dalam kondisi retak.

“Terdampak, tembok retak ubin retak. Sudah lama itu retaknya kurang lebih tiga bulan, tapi sekarang lebih parah. Awalnya sedikit (retakan), Jadi sejak retak itu ditambah getaran, perlahan roboh sedikit,” kata dia.

Baca Juga: Protes Soal Potongan Bansos, Warga Depok Ngaku Diancam RT

Kini, dia mengaku rumahnya bisa bertahan dari kondisi longsor berkat masih adanya sejumlah pohon yang menahan pondasi rumah. “Tinggal pohon mangga sama duren saja yang jadi penguat (pondasi) rumah saya,” ucap dia. (rul/*)

Baca selengkapnya di sini: Bertahan dari Longsor, Pohon Durian dan Mangga Jadi Harapan Fatimah