Hujan Deras, Banjir Hingga Tanah Longsor Terjadi di Depok

Petuga Damkar saat mendatangi lokasi tanah longsor di Cilodong pada sabtu 12 Juni 2021. (Istimewa)
Petuga Damkar saat mendatangi lokasi tanah longsor di Cilodong pada sabtu 12 Juni 2021. (Istimewa)

DEPOK- Hujan yang terjadi di Kota Depok beberapa hari belakangan ini membuat sejumlah daerah mengalami banjir hingga tanah longsor.

Seperti informasi yang dihadirkan akun instagram Sawangan Update (@sawanganupdate). Akun instagram itu memberikan informasi adanya tanah longsor yang terjadi di Graha Idaman 7, Kawasan Bukit Petro, Sawangan Village, pada Sabtu 12 Juni 2021.

Pada akun tersebut tertulis longsor terjadi karena hujan deras yang turun pada malam harinya. “Ini terjadi akibat dari hujan semalam dan menyebabkan longsor yang lumayan lebar,” tulis dalam akun tersebut.

Sementara itu, di lokasi lain, Dinas Kebakaran Kota Depok melakukan evakuasi terhadap 14 warga penghuni rumah di Perumahan Amanda, Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong.

“Kejadian sekira Pukul 22.30 WIB kita terima laporan dan anggota langsung terjun ke lokasi,” terang Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadan Kebakaran Kota Depok Denny Romulo pada Minggu 13 Juni 2021.

Baca juga: 6 Tahun Kematian Angeline, Komnas PA Minta Tiga Point Ini ke Presiden

Dia menerangkan, tanah longsor tidak menyebabkan korban jiwa, tapi untuk berjaga adanya longsor susulan, penghuni rumah diminta dapat lebih waspada. “Jadi yang longsor itu bagian belakang rumah, ada empat rumah dan 14 orang,” jelas dia.

Sebelumnya, banjir setinggi sekira 30 sentimeter terjadi di Jalan Raya Keadilan, kawasan Pancoran Mas. Kondisi ini terjadi saat hujan deras mengguyur Kota Depok pada Jumat malam, 11 Juni 2021.

Banjir di wilayah itu terjadi sejak sekira pukul 18:30 WIB. Salah seorang warga yang sempat mengabadikan peristiwa itu melalui video rekaman di media sosial sempat melontarkan sindiran yang cukup menohok.

“Banjir di Jalan Keadilan. Seperti biasa, hujan enggak hujan banjir, terimakasih-terimakasih, ,” katanya. Meski banjir, namun sejumlah pengendara motor tetap nekat melintas di kawasan tersebut. (lala/*)