Horee..Depok Punya Alun-alun

Peresmian alun-alun Kota Depok di GDC (istimewa)
CILODONG– Setelah sempat tertunda, alun-alun Kota Depok yang berlokasi di kawasan Grand Depok City (GDC), akhirnya resmi dibuka untuk umum pada Minggu 12 Januari 2020.
       Peresmian dilakukan langsung oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris dan Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna yang datang bersama pasangannya masing-masing. Selain itu, turut hadir Kapolres Metro Depok Komisaris Besar Azis Andriansyah, dan sejumlah pejabat lokal lainnya.
       Pada awak media Idris mengatakan, alun-alun sebagai ruang terbuka hijau, adalah sebuah amanat dari undang-undang yang harus diwujudkan di setiap kota.  “Alhamdulillah ini pembangunan sejak 2019 bisa diresmikan pada awal tahun ini,” katanya
       Ia menjelaskan, terdapat banyak unsur dan fungsi di alun-alun ini, diantaranya fungsi ekologi dimana alun-alun menjadi wadah interaksi warga dari beragam usia. Kemudian fungsi ekonomi, dimana terdapat kios-kios UMKM diatas lahan seribu meter tersebut.
        “Fungsi edukasi kita siapkan working space, untuk wadah berdiskusi. Ada juga fasilitas untuk komunitas seperti lapangan basket, futsal, wall climbing (panjat dinding) dan lainnya.”
       Idris mengaku, anggaran yang dihabiskan untuk membuat alun-alun ini mencapai ratusan miliar rupiah.
       “Tahap awal sampai akhir hampir Rp 160 miliar untuk konstruksinya, untuk tanahnya kurang lebih Rp 200 miliar. Ini murni APBD Kota Depok,” ujarnya
       Pantauan dilapangan melaporkan, ribuan warga tampak memadati alun-alun pada hari pertama di buka. Sejumlah atraksi menarik pun dihadirkan saat prosesi acara. Imbasnya lalu lintas di kawasan GDC mengalami kemacetan. (rul/*)