Hore…Ribuan Napi Rutan Depok Sumringah dapat Vaksin

Program vaksinasi di Rutan Depok. (DepokToday.com
Program vaksinasi di Rutan Depok. (DepokToday.com

DepokToday- Ribuan narapidana alias napi di Rumah Tahanan Negara, atau Rutan Kelas I Depok tercatat telah menjalani serangkaian vaksinasi. Program ini merupakan salah satu ikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Rutan Kelas I Depok, Muhamad Irvan Muayat mengatakan, ada 1.218 orang warga binaan pemasyrakatan (WBP) yang telah mendapat vaksin pada ini.

Baca Juga: Gerombolan ABG Tikam Seorang Pelajar Depok Nyaris Tanpa Ampun

Sementara sisanya, sekira 28 orang lagi, belum bisa mendapat vaksin lantaran memiliki riwayat penyakit, seperti hipertensi, asma dan jantung.

“Alhamdulillah semua berjalan dengan aman dan kondusif serta tak luput dari disiplin protokol kesehatan yang ketat,” katanya dikutip pada Kamis 7 Oktober 2021.

Vaksinasi untuk para narapidana (DepokToday.com)
Vaksinasi untuk para narapidana (DepokToday.com)

Program vaksinasi tersebut, lanjut Irvan, telah berlangsung sebanyak dua tahap. Adapun jenis yang diberikan yakni Astrazeneca, Pfizer dan ada pula Sinovac.

“Jadi rinciannya adalah Astrazeneca dosis 1 diterima 2 orang WBP, Astrazeneca dosis 2 diterima 1.086 orang WBP, Pfizer dosis 1 diterima 14 orang WBP, Sinovac dosis 1 diterima 77 orang WBP dan Sinovac dosis 2 diterima 3 orang WBP,” jelasnya di dampingi KPR Rutan Depok, Nu’man Fauzi.

Pesan Kepala Rutan Depok

Setelah menjalani serangkaian vaksinasi tersebut, para warga binaan Rutan Depok ini pun mendapat kartu tanda vasinasi. Kegiatan ini bekerjasama dengan Korps Brimob Polri dan Pemerintah Kota Depok.

Baca Juga: Cara Tagih Harus Benar, Pemkot Latih 25 Debt Collector Khusus

Meski telah divaksin, Irvan berharap semua warga binaan ini bisa tetap mematuhi protokol kesehatan, utamanya soal penggunaan masker dan cuci tangan.

“Tetap jaga imunitas tubuh serta terapkan protokol kesehatan dimanapun dan apapun aktivitas kita. Karena COVID-19 bisa kita cegah dengan memulainya dari diri kita sendiri,” katanya. (rul/*)