Heboh Suara Gemuruh Terdengar Lama di Langit Depok, Ini Penjelasannya

Ilustrasi. Heboh suara gemuruh di langit Depok. (Istimewa)
Ilustrasi. Heboh suara gemuruh di langit Depok. (Istimewa)

DEPOK- Suara gemuruh selama sekira lebih dari 10 menit sempat terdengar di langit Kota Depok. Fenomena alam itu berlangsung sesaat sebelum hujan deras pada Selasa sore, 15 Juni 2021.

Peristiwa itu sontak ramai jadi perbicangan warganet. Lalu seperti apa penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait hal itu.

Koordinator Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Hary Djatmiko menerangkan, suara gemuruh di langit Depok itu adalah fenomena biasa.

Kejadian ini yang kerap terjadi apabila ada awan-awan konvektif atau biasa disebut awan komonolimbus.

“Suara itu akibat kandungan yang ada di awan tersebut. Biasanya proses awan konvektif itu terbentuk apabila adanya kondisi udara atau kondisi paginya itu relatif pemanasannya cukup optimal radiasinya sampai siang ya,” katanya dikutip pada Rabu 16 Juni 2021.

Ini Penyebab Gemuruh Terdengar Lama di Langit Depok

Kondisi tersebut kerap diikuti dengan kelembapan yang cukup basah sehingga proses itu lah yang sangat ideal dan sangat optimal untuk terjadinya awan konvektif atau awan komonolimbus.

Jika durasi suara cukup lama, kata Hary, tergantung dari besar dan kecil awan serta luasannya.

“Bisa saja kecepatan yang didengar itu tidak di atasnya, sementara yang jauh itu awalnya terdengar itu dia suaranya mulai menghilang, yang dekatnya itu baru berbunyi. Jadi itu yang seolah-olah yang tidak berhenti tidak putus-putus.”

Baca Juga: Heboh, Poster Mahasiswa Baru UI Disebut Mirip Tampilan Sinetron

Tapi yang jelas, kata Hary, dari sisi sel awan yang cukup besar, atau lebih tepatnya bersaut-sautan, silih berganti sehingga terdengar suara geluduk lebih lama.

“Jadi tergantung besar awan terbentuknya tadi,” jelasnya. (lala/*)