Hati-hati, 4 Bagian Mobil Ini Rentan Penyebaran COVID-19

Cara membersihkan bagian mobil (DepokToday.com)
Cara membersihkan bagian mobil (DepokToday.com)

DEPOK- Kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan dan membersihkan seluruh barang maupun kendaraan menjadi kunci penting untuk mencegah penyebaran COVID-19. Khusus untuk mobil, ada sejumlah bagian yang rentan terhadap penyebaran virus berbahaya itu.

Ya, meski area mobil bukan menjadi tempat singgah virus, namun aktifitas harian pengemudi maupun sopir yang bertemu dengan orang lain berpeluang membawa virus yang tidak bisa diketahui.

Bahkan, perpindahan virus ini bisa terjadi ketika seseorang melakukan pertemuan dengan orang lain ataupun berjabat tangan dengan teman yang tidak diketahui riwayat kesehatannya.

Timbulnya kemungkinan adanya virus tersebut bisa berpindah saat pengemudi melakukan kontak langsung ke akses mobil. Dilansir dari Hops.id jaringan DepokToday.com, berikut sejumlah bagian pada mobil yang penting untuk dibersihkan.

1.Stir Kemudi

Perangkat lain yang sering digunakan yakni stir kemudi, perangkat control mobil ini menjadi bagian yang paling rentan, karena pengemudi biasanya cukup lama tangan berada di bagian perangkat mobil ini.

Virus COVID-19 yang berada di beberapa bagian tangan juga bisa transit atau berpindah ke bagian perangkat mobil satu ini.

2.Handle Pintu Mobil

Handle pintu menjadi bagian yang sering disentuh pengemudi maupun penumpang untuk akses keluar masuk kendaraan tersebut. Sentuhan tangan secara langsung bisa menimbulkan adanya perpindahan virus yang terdapat di bagian tangan menempel ke handle baik bagian luar maupun dalam.

Meski saat membuka pintu hanya membutuhkan waktu terbilang cepat, namun tak menutup kemungkinan bagian ini menjadi salah satu cara penyebaran virus terjadi.

3.Tombol Fitur Dashbor

Pada fitur tombol dasbor membuat banyak kontak langsung yang dilakukan pengemudi untuk mengaktifkan fitur pada mobil yang dibutuhkan. Beberapa tombol yang terdapat pada bagian dasbor maupun konsol tengah juga sangat rentan terdapat virus yang transit terbawa oleh pengemudi.

4.Tuas Persneling

Pengoperasian mobil pengemudi membutuhkan pengoperasian setiap perpindahan transmisi gear yang dibutuhkan pada setap kecepatan. Perpindahan gear pada mobil perlu bantuan pengemudi memposisikan tuas persneling sesuai kebutuhan.

Keempat bagian mobil itulah yang harus menjadi perhatian pemilik mobil dalam kondisi penyebaran virus COVID-19 yang terjadi saat ini. Kebersihan harus menjadi prioritas utama.

Cara Membersihkan Bagian Mobil

Untuk membersihkan bagian mobil dari virus tersebut, pemilik harus melakukan setiap hari secara rutin. Pembersihan utama bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan disinfektan ke area mobil yang sering disentuh.

Langkah tersebut bisa dilakukan untuk membunuh virus yang menempel pada perangkat mobil yang sering disentuh pengemudi.

Baca Juga: Pasien Kasus COVID-19 Terus Melonjak, Depok Krisis Obat

Sebagai antisipasi, ada baiknya pengemudi juga tetap menjaga kesehatan dengan selalu membawa disinfektan dan menggunakannya sebelum masuk ke dalam mobil. Pemilik juga penting memberikan sirkulasi udara dalam kabin dengan cara membuka seluruh jendela beberapa waktu. (rul/*)