Hasil Piala Eropa 2020 Jumat: Swedia Menang, Ceko dan Kroasia Imbang

Emil Forsberg berhasil mengeksekusi tendangan penalti ke gawang Slowakia. Swedia pun menang melalui gol ini.(Foto: Twitter Euro2020)
Emil Forsberg berhasil mengeksekusi tendangan penalti ke gawang Slowakia. Swedia pun menang melalui gol ini.(Foto: Twitter Euro2020)

SAINT PETERSBURG—Pertandingan Piala Eropa 2020 hari Jumat, 18 Juni 2021, menghasilkan kemenangan untuk Swedia dan hasil imbang untuk Kroasia dengan Republik Ceko.

Penalti yang diambil dengan tenang oleh Emil Forsberg memastikan kemenangan Swedia 1-0 atas Slowakia pada pertandingan putaran kedua Grup E di Stadion Saint Petersburg.

Emil Forsberg jabat tangan dengan Robin Quaison.(Foto: Twitter Euro2020)
Emil Forsberg jabat tangan dengan Robin Quaison.(Foto: Twitter Euro2020)

Emil Forsberg menjadi pemain Swedia pertama yang mencetak gol di Piala Eropa sejak Sebastian Larsson pada 2012.

“Rasanya benar-benar luar biasa. Saya sangat senang. Sangat menyenangkan bisa menang. Kami tahu kami kuat secara mental. Itu adalah permainan fantastis dari Robin Quaison yang berujung pada penalti,” ucap Emil Forsberg kepada STV seusai laga.

Hasil ini mengantarkan Swedia ke puncak klasemen sementara Grup E dengan total empat poin. Ini kemenangan perdana bagi Swedia. Sebelumnya mereka bermain imbang tanpa gol dengan Spanyol. DIBACA JUGA: Grup E Piala Eropa 2020: Slowakia Berjaya, Spanyol dan Swedia Cak Rata

“Bagus memiliki empat poin setelah dua pertandingan. Kami telah memainkan tujuh pertandingan tahun ini dan hanya kebobolan satu gol,” timpal Pelatih Swedia, Janne Andersson, dikutip uefa.com.

Lebih Pasif

Kapten Slowakia, Marek Hamsik, sangat menyayangkan hasil minor ini. “Sayang sekali. Jika mereka tidak mencetak gol penalti, kami mungkin akan mendapat hasil imbang dan itu akan menjadi poin ‘emas’,” katanya.

“Kami sedikit lebih pasif di babak kedua dan kami membayar mahal untuk itu. Tapi Ini masih terbuka. Kami harus pulih dengan baik. Spanyol adalah favorit grup dan juga penantang untuk memenangkan turnamen. Ini akan sangat menantang,” sambung Hamsik.

Di pertandingan berikutnya yang sudah memasuki putaran ketiga, Slowakia akan berhadapan dengan Spanyol tanggal 23 Juni 2021. Sedangkan Swedia menghadapi Spanyol di hari yang sama namun beda jam dan tempat.

Hasil Lainnya

Dari Stadion Hampden Park, Glasgow, dikabarkan Kroasia bermain imbang 1-1 dengan Republik Ceko dalam pertandingan Grup D Piala Eropa 2020. DIBACA JUGA: Patrik Schick Cetak Gol Spektakuler, Republik Ceko Menang

Gelandang Kroasia, Ivan Perisic membuat tim besutan Zlatko Dalic mendapatkan poin pertamanya, setelah tertinggal lebih dulu dari Republik Ceko melalui gol penalti Patrik Schick.

Ivan Perisic mencetak gol penyeimbang ke gawang Republik Ceko.(Foto: Twitter Euro2020)
Ivan Perisic mencetak gol penyeimbang ke gawang Republik Ceko.(Foto: Twitter Euro2020)

“Kami tidak bermain bagus, sama sekali tidak. Saya tidak tahu alasannya. Kami mengawali pertandingan dengan buruk, kami mencetak gol itu kemudian, tetapi kami harus menunjukkan lebih banyak lagi saat melawan Skotlandia,” papar Perisic dilansir uefa.com.

Hal senada disampaikan Luka Modric selaku kapten Kroasia: “Ada rasa pahit setelah pertandingan ini, karena kami tidak menang. Kami memasuki pertandingan dengan sangat tidak terorganisir, tetapi kemudian kami tampil lebih baik di babak kedua. Kami mencetak gol itu dan kami bisa saja mencetak gol lebih, tapi sayangnya kami tidak menang. Sekarang, kami harus mengalahkan Skotlandia untuk lolos,” urai Modric.

Patrik Schick mencetak gol melalui titik penalti.(Foto: Twitter Euro2020)
Patrik Schick mencetak gol melalui titik penalti ke gawang Kroasia.(Foto: Twitter Euro2020)

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, menyimpulkan kedua tim pantas mendapatkan hasil imbang. Namun ada catatan penting untuk timnya.

“Kami memiliki awal yang buruk, kami lambat dan kami mencoba untuk memberikan tekanan yang tidak perlu; kami tidak kompak. Tapi, setelah gol, kami bermain lebih baik. Semuanya masih di tangan kita,” terang Dalic.

(tdr/*)