Hasil Penelitian Ungkap Punya Sikap Ini Bikin Awet Muda Tanpa Perawatan

Ilustrasi sehat dan awet muda.(foto: istimewa)
Ilustrasi sehat dan awet muda.(foto: istimewa)

DepokToday – Menjadi tua merupakan hal yang alami. Namun, ada juga yang orang yang masih terlihat awet mudah di usia yang tidak lagi muda. Pola hidup yang sehat di waktu muda dipercaya bisa menjadi penyebabnya.

Tapi, tidak sedikit juga orang yang melawan kodrat itu dengan cara medis, seperti suntik botoks atau lainnya.

Nah, menurut penelitian, menanamkan pikiran seperti ini saja mampu membuat orang lebih muda. Melansir Fimela.com, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Frontiers in Aging Neuroscience menemukan bahwa berpikiran positif dan menganggap diri sendiri tidak tua ternyata mampu memberikan efek psikologis dan fisik yang lebih baik dan sehat.

Penelitian tahun 2018 dari Korea Selatan ini memindai otak 68 orang dewasa lanjut usia yang sehat dan menemukan bahwa mereka yang merasa lebih muda dari usianya memiliki komponen otak yang lebih tebal dan mengalami lebih sedikit penuaan otak terkait usia.

Baca Juga: Kuasa Hukum: Oknum Aparat Ikut Dalam Aksi Penyanderaan Handiyana Sihombing

Ini menunjukkan bahwa ketika kamu merasa tidak tua, maka tubuh akan secara alami mengikuti pola pikir tersebut.

Orang tua yang tidak merasa usia membatasinya, mampu hidup lebih panjang umur, memiliki tubuh lebih sehat dan bugar karena tetap aktif beraktivitas serta memiliki pikiran lebih bahagia. Ini menunjukkan bahwa mempertahankan sikap positif terhadap usia pada akhirnya memengaruhi sehat tidaknya pikiran dan tubuh kita.

Jadi biarkan pikiranmu tetap muda, agar tubuh juga awet muda. Kamu bisa menentukan apa yang kau inginkan dan menjalaninya secara konsisten mulai hari ini. (lala/*)