Harus Tahu.. Kandungan Makanan Ini Wajib Dikonsumsi Pasien COVID

Makanan sehat (Istimewa)
Makanan sehat (Istimewa

DEPOK – Makanan dengan kandungan gula, garam serta minyak jahat berlebih harus dihindari sementara waktu oleh pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri. Kandungan makanan yang baik, harus diketahui pasien agar cepat pulih.

Makanan dengan kandungan tersebut memiliki potensi peradangan di dalam tubuh. Dilansir dari Hops.id pada Senin 12 Juli 2021, penjelasan itu diterangkan dokter spesialis gizi klinik Maria Ingrid Budiman.

“Semua yang mengandung gula, baik dari makanan atau minuman manis. Ketiga jenis makanan ini kian memperparah risiko peradangan. Ada abon atau dendeng yang dimasak pakai gula, penggunaan kecap manis juga itu tinggi gula,” kata dia.

Menurut dia, pasien dapat menghindari asupan minyak berlebih yang didapat dari makanan yang digoreng, sup, bakso, bahkan sayuran yang dimasak dengan proses tumis.

“Sup kan ada yang banyak minyaknya, bakso juga kadang-kadang orang ditambahin lemak sapi, itu kan memperparah peradangan, makanan yang digoreng itu atau gorengan, tinggi banget kandungan lemaknya,” kata dokter lulusan Universitas Hasanuddin Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Gizi Klinik tersebut.

Dia mengatakan, memilih hidangan dengan rasa yang gurih cendrung dilakukan oleh orang yang sedang sakit. Sedangkan, menurut Ingrid, dalam sehari orang hanya boleh mengonsumsi satu sendok teh garam saja.

“Yang harus kita hindari itu sebenarnya kandungan natriumnya. Kandungan garam itu bisa kita temukan di buah kalengan, karena pengawetnya pakai natrium. Soda kue juga tinggi natrium, walaupun itu kue manis,” ujar Ingrid.

Baca juga : [Update] COVID-19 Depok, Minggu 11 Juli 2021, 28 Meninggal, Sembuh 114

Dia menerangkan, hal yang sering dilupakan oleh pasien dan juga orang terdekat adalah pentingnya kebutuhan gizi seimbang yang harus terpenuhi. Oleh karenanya, sebisa mungkin pasien COVID-19 memasak makanan sendiri.

“Kalau pesannya nasi ayam bakar ya kurang aneka ragamnya. Kalau beli sayur jadi, paling sayurannya satu atau dua lembar. Sayur, buah, protein itu harus tercukupi,” kata Ingrid.

Jenis Kandungan Makanan yang Wajib Dikonsumsi

Sementara itu, dilansir dari klikdokter, pasien COVID saat isoman sebaiknya memakan makanan berikut ini:

1.Lemak Sehat

Bukannya sama sekali tak boleh makan lemak, pasien COVID-19 wajib tahu juga, boleh makan makanan dengan kandungan lemak asalkan lemak itu adalah lemak sehat. Sumber lemak sehat misalnya alpukat, kacang-kacangan yang tidak digoreng, minyak zaitun yang tidak dipanaskan, dan ikan.

2.Protein

Protein menjadi nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam proses penyembuhan. Daging, telur, dan olahan nabati merupakan sumber protein.
Tapi ingat, cara pengolahannya juga penting. Hindari digoreng dan direndam dalam minyak panas atau dipanggang sampai gosong karena justru merusak kebaikannya.

3.Karbohidrat

Sakit identik dengan lemas. Agar tak lemas dan punya tenaga, Anda membutuhkan karbohidrat dari buah-buahan, umbi (kentang, singkong, ubi), jagung, dan nasi.
Akan lebih baik bila karbohidrat yang dikonsumsi adalah karbohidrat kompleks seperti nasi merah.

Selamat mencoba. Semoga kita semua selalu sehat. Jangan pernah lelah menerapkan 5M ya. (lala/*)