Harlah ke-87, GP Ansor Komitmen Jaga Persatuan dan Keberagaman Depok

GP Ansor Depok
Harlah ke-87 GP Ansor Depok. (Foto: DepokToday/Ahmad)

SAWANGAN—Sebagai Ormas kepemudaan, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Depok harus menjadi garda terdepan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Namun dalam skup lokal, GP Ansor Kota Depok juga berkomitmen dalam menjaga persatuan dan keberagaman di daerah yang pada 27 April 2021 genap berusia 22 tahun (Kota Depok-red).

Komitmen tersebut diucapkan Ketua GP Ansor Kota Depok, Ustaz Abdul Kodir, pada peringatan Harlah ke-87 GP Ansor Kota Depok, belum lama ini.

“Dengan rasa syukur Alhamdulillah, kita menyelenggarakan acara Harlah GP Ansor Kota Depok yang ke-87. Sebagai Ormas kepemudaan kita menjadi garda terdepan menjaga keutuhan NKRI. Khusus untuk Depok, kita menjaga persatuan dan keberagaman di Kota Depok,” kata Ustaz Kodir seusai acara di Taman Pintar PMMD, Jalan Jati, Kecamatan Sawangan.

DIBACA JUGA: https://depoktoday.hops.id/gp-ansor-depok-cetak-intelektual-muda-nu-melalui-pkd/

Kodir mengungkapkan, Kota Depok sebagai miniatur Indonesia harus tetap dijaga keutuhannya. Menurutnya, masyarakat yang terdiri dari beragam suku, ras, dan agama, tetap bersatu. Terlebih lagi, lanjutnya, ikut serta dalam membangun Kota Depok.

“Bukan hanya bidang agama saja program yang kita jalankan, tapi juga sosial, pendidikan, dan lainnya,” katanya.

Ia mencontohkan, seperti di masa pandemi ini GP Ansor Kota Depok juga ikut berpartisipasi dalam memutus penyebaran COVID-19.

“Kita bahkan melalukan cara bagaimana menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian kepada Kota Depok di kalangan pemuda. Tentunya dengan memperkuat nilai kebangsaan di kalangan generasi milenial,” paparnya.

Diungkap Ustaz Kodir, sampai saat ini anggota Ansor dan Banser di Kota Depok berjumlah 1.000 orang. Ke depan, dia menegaskan, secara internal akan memperkuat pengkaderan, pemberdayaan dan dalam waktu dekat menggelar Halaqoh Kiyai Muda Ansor.

“Tentunya, kita akan memperkuat ideologi ke-Aswaja-an, ke-NU-an, menyebarkan paham Islam Rahmatan Lil Alamin. Harapannya, ke depan GP Ansor Depok semakin bermanfaat bagi masyarakat,” harap Ustaz Kodir.

Sedangkan dari sisi seremonial, acara Harlah ke-87 Kota Depok berlangsung dengan khidmat. Acara dimulai dengan istigosah, testimoni dari para tokoh GP Ansor Kota Depok, santunan secara simbolis untuk 200 anak yatim, dan tausiyah.

Dalam kesempatan tersebut juga diadakan pembacaan doa untuk korban tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402.

Hadir pada acara ini Rois Syuriah PCNU Kota Depok KH. Syihabudin Ahmad, KH. Damanhuri, mantan Ketua GP Ansor Depok, KH. Abdul Kahar, KH. Badruddin. Tampak juga mantan Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna.

(Laporan Wartawan: Ahmad)