Hanya 2 Calon Kepala Daerah di Jabar yang Positif COVID, Indramayu dan Depok

Ilustrasi Pilkada (istimewa)

BANDUNG—Sebanyak 48 dari 50 calon (pasangan kepala daerah) di Jawa Barat hingga Jumat 27 November 2020, dinyatakan sehat. Hanya dua kandidat yang positif COVID-19.

“Hanya dua yang positif COVID-19 yaitu di Indramayu dan Depok,” ungkap Ketua KPU Jawa Barat (Jabar), Rifqi Alimubarok, pada acara penandatanganan deklarasi Pilkada Serentak 2020 yang berkualitas, berintegritas, dan patuh protokol kesehatan COVID-19 di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat 27 November 2020.

Dibaca Juga: https://depoktoday.hops.id/gubernur-deklarasikan-pilkada-serentak-2020-di-jabar-aman/

Perihal tahapan pilkada, Rifqi mengatakan saat ini sudah memasuki masa kampanye iklan. Ia mengungkapkan, semua kampanye berjalan lancar dan tidak ditemukan klaster kampanye. Pun dengan logistik kampanye sudah berada di kecamatan.

“Kampanye sejauh ini lancar sesuai protokol kesehatan, tinggal 10 hari lagi dan sekarang memasuki kampanye iklan, tidak ada klaster kampanye. Logistik sudah terpenuhi, petugas sortir lipat sehat semua dan posisi logistik sudah ada di kecamatan,” ucapnya sebagaimana dikutip jabarprov.go.id.

Ia juga membeberkan terdapat 33.305 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di delapan daerah dengan jumlah pemilih sebanyak 11,6 juta. Ada sekitar 299 ribu petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Di setiap TPS, kata Rifqi, hanya akan ada 500 pemilih. Pemilih yang hadir wajib memakai sarung tangan yang sudah disediakan, dan menerapkan protokol kesehatan 3M dengan ketat.

“Area juga didisinfeksi dulu, bilik khusus sudah disimulasikan, jadi masyarakat harus merasa terlindungi dan menjamin keamanannya agar tidak ragu datang ke TPS,” imbuh Rifqi.

(tdr/*)