Hadapi Spanyol, Kroasia Tanpa Diperkuat Ivan Perisic

Babak perempat final Piala Eropa 2020 tinggal tersisa empat slot lagi, malam ini WIB dua tiket akan tersegel untuk pemenang Kroasia vs Spanyol, dan Prancis vs Swiss.(Foto: Tangkapan Layar Situs Resmi UEFA)
Babak perempat final Piala Eropa 2020 tinggal tersisa empat slot lagi, malam ini WIB dua tiket akan tersegel untuk pemenang Kroasia vs Spanyol, dan Prancis vs Swiss.(Foto: Tangkapan Layar Situs Resmi UEFA)

KOPENHAGEN—Babak 16 besar Piala Eropa 2020 sudah separuh jalan dengan dua tempat perempat final lagi diperebutkan Kroasia, Spanyol, Prancis, dan Swiss.

Ada pepatah lama mengatakan, tim terbaik tumbuh pada sebuah turnamen. Dan Kroasia akan berharap itu berlaku saat mereka menghadapi Spanyol di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark, Senin 28 Juni 2021 malam WIB.

Kroasia lolos ke babak 16 besar setelah mengantongi empat poin hasil kemenangan atas Skotlandia 3-1, imbang lawan Republik Ceko 1-1, dan kalah dari Inggris 0-1.

Alhasil, tim asuhan Zlatko Dalic finis diurutan kedua klasemen akhir Grup D bersama Inggris (juara grup) dan Republik Ceko sebagai peringkat ketiga terbaik.

Menghadapi Spanyol—tim elite sekaligus salah satu tuan rumah Piala Eropa 2020—Kroasia hendak mengikuti jejak Republik Ceko yang berhasil menapaki babak perempat final. DIBACA JUGA Republik Ceko Paksa Belanda “Angkat Koper” dari Piala Eropa 2020

Tapi sejarah menentang Kroasia seperti yang telah mereka alami, tersingkir di ketiga pertandingan fase knockout Piala Eropa sebelumnya.

Namun Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, menyampingkan hal tersebut karena dia dan tim termotivasi untuk melangkah ke perempat final.

“Kami tidak perlu khawatir tentang tim lain. Kami menghormati mereka semua, terutama [Spanyol]. Mereka juga tahu bahwa kami adalah tim yang berkualitas dan mereka tidak senang bermain melawan kami. Kami harus sepenuhnya termotivasi. Tujuan kami adalah mencapai perempat final,” jelas Dalic dikutip dari uefa.com.

Ivan Perisic mencetak gol ke gawang Skotlandia.(Foto: Twitter Euro2020)
Ivan Perisic mencetak gol ke gawang Skotlandia.(Foto: Twitter Euro2020)

Hanya saja, Kroasia kehilangan satu pemain penting yakni Ivan Perisic. Gelandang Inter Milan itu dipastikan absen melawan Spanyol malam ini karena sakit. Dalic pun harus memutar otak untuk mencari pengganti Perisic.

“Akan sangat sulit untuk menggantikan Perisic, tetapi saya pikir kami memiliki solusi berkualitas dan saya yakin siapa pun yang akan bermain, dia akan bermain sebaik mungkin untuk membantu tim,” ungkapnya.

Disinggung apakah pemain pengganti Perisic bisa berada di level yang sama? “Saya ragu. Tapi kami benar-benar tertutup di posisi sayap kiri itu dan kami akan memiliki solusi berkualitas,” jawab Dalic.

Masalah Kreativitas

Rute Spanyol di fase penyisihan grup juga tak beda jauh dengan Kroasia. Kreativitas tampaknya menjadi masalah Spanyol dalam hasil imbang melawan Swedia dan Polandia.

Tetapi pasukan Luis Enrique kembali ke bentuk semula dengan menyamakan rekor kemenangan dalam pertandingan final Piala Eropa dengan mengalahkan Slowakia 5-0 untuk maju ke babak 16 besar.

Pertandingan Spanyol vs Polandia di Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter Euro2020)
Pertandingan Spanyol vs Polandia di Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter Euro2020)

Oleh karena itu, mereka tetap tak terkalahkan, sama seperti pada ketiga kesempatan mereka mengangkat trofi juara.

Melawan Kroasia ternyata sangat berkesan bagi gelandang Spanyol, Dani Olmo. “Ini adalah pertandingan besar dan spesial bagi saya [karena saya pernah bermain di Kroasia untuk Dinamo Zagreb]. Saya memiliki banyak teman di tim Kroasia. Saya tahu suatu hari nanti saya akan menjadi pemain internasional Spanyol dan bahwa saya akan bermain melawan Kroasia,” tandas Olmo.

(tdr/*)