Hadapi Chelsea, Pelatih Villarreal Umbar Pepatah Ini

Unai Emery (kiri) berada di Windsor Park, tempat pertandingan Chelsea vs Villarreal di Piala Super UEFA.(Foto: Twitter Villarreal CF)
Unai Emery (kiri) berada di Windsor Park, tempat pertandingan Chelsea vs Villarreal di Piala Super UEFA.(Foto: Twitter Villarreal CF)

DepokToday—Menunda maka kekalahan akan berpihak. Itulah yang digaungkan Unai Emery saat timnya, Villarreal, akan menghadapi Chelsea di Piala Super UEFA.

“Kamu tunda, kamu kalah,” umbar pelatih berusia 49 tahun itu saat pemenang Liga Europa UEFA (Vilarreal-red) berusaha mempertahankan momentum mereka.

Penguasa Liga Europa UEFA, dengan empat kemenangan dalam lima penampilan terakhir bersama Sevilla dan sekarang Villarreal, Unai Emery menolak berpuas diri saat Kapal Selam Kuning menghadapi Chelsea di Piala Super UEFA di Belfast, Irlandia Utara, Kamis 12 Agustus 2021 dini hari WIB.

Unai Emery punya kenangan buruk saat berjumpa Chelsea. Ketika membesut Arsenal, juru taktik asal Spanyol itu kalah dari The Blues dengan skor 1-4 di final Liga Europa 2019.

Unai Emery mencium trofi Liga Europa.(Foto: Twitter Unai Emery Echegoyen)
Unai Emery mencium trofi Liga Europa.(Foto: Twitter Unai Emery Echegoyen)

Kini, bersama Villarreal, Unai Emery bertekad untuk tampil lebih baik saat timnya menghadapi juara Liga Champions 2020/2021 tersebut.

Emery berbicara dengan UEFA.com melalui hari-harinya yang paling gemilang dan hasrat untuk kemenangan yang membuatnya tetap tajam.

“Jadi, Anda harus terus berkreasi. Saya tidak berhenti untuk berpikir karena ada banyak manajer yang telah melakukan beberapa hal dan segera setelah mereka hidup dari apa yang telah mereka lakukan, mereka tidak hidup di masa sekarang atau di masa depan lagi,” kata Unai Emery.

BACA JUGA: Sejarah! Trofi Liga Europa Pertama Untuk Villarreal

“Dan yang saya inginkan adalah hidup di masa sekarang dan di masa depan. Saya telah terlibat dalam dua [Piala Super UEFA sebelumnya]. Saya tidak pernah memenangkannya; Saya telah memenangkan Piala Super domestik sebelumnya dengan PSG tetapi tidak pernah di Eropa. Kami akan memulai musim dengan menyelesaikan yang terakhir dan sekali lagi berada di pusat dunia sepak bola,” tambahnya.

Piala Super, lanjut Unai Emery, akan menunjukkan kemampuan anak asuhnya melawan tim papan atas seperti Chelsea.

Tentang Chelsea yang dilatih Thomas Tuchel, Unai Emery punya pandangan tersendiri terhadap pria Jerman itu. BACA JUGA: Pelatih Chelsea Komentari Villarreal Jelang Piala Super UEFA 2021

“[Thomas] Tuchel adalah pelatih yang terkenal, bergengsi, dan sukses: dia memenangkan gelar di Jerman, dia memenangkan gelar bersama PSG,” ungkapnya.

Unai Emery.(Foto: Twitter Unai Emery Echegoyen)
Unai Emery.(Foto: Twitter Unai Emery Echegoyen)

Lantas apakah juara Eropa biasanya menang di Piala Super UEFA? Pemenang Liga Champions UEFA, Bayern Munchen, adalah tim yang mengangkat trofi pada tahun 2020, tetapi pola ini tentu tidak selalu terjadi.

Sejarah mencatat, juara UEFA Cup/UEFA Liga Europa telah memenangkan 20 dari 45 edisi. Mampukah Unai Emery kembali menciptakan sejarah untuk kedua kalinya bersama Villarreal? Atau justru Chelsea yang kembali memboyong trofi setelah juara pada 1998.

“Anda tahu bagaimana pepatah mengatakan: Kamu tunda, kamu kalah,” tegas Unai Emery.

(tdr/Sumber: UEFA)