H-1 Pilkada, 2.198 Pasukan Hingga Mobil Lapis Baja Siaga di Depok

Kendaraan lapis baja Brimob siaga di Depok (Istimewa)

MARGONDA- Sehari lagi, pencoblosan untuk menentukan kepala daerah bakal berlangsung secara serentak di sejumlah wilayah pada Rabu, 9 Desember 2020. Terkait hal itu, ribuan pasukan pun telah dikerahkan untuk menjaga jalannya pesta demokrasi tersebut.

Selain menerjunkan personil bersenjata lengkap, sejumlah kendaraan lapis baja turut disiapkan. Seperti yang terlihat di Kota Depok. Beberapa kendaraan taktis Brimob itu sudah terlihat berjejer rapih di Jalan Margonda, depan Markas Polres Metro Depok.

“Jadi hari ini kita melaksanakan pergeseran pasukan pelaksanaan pengamanan TPS (tempat pemungutan suara),” ucap Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah pada Selasa 8 Desember 2020

Baca Juga: 200 Prajurit Baret Hitam Mendarat di Depok, Ada Apa?

Ia menyebut, pengamanan ini melibatkan sebanyak 2.198 personil gabungan TNI, Polri, Satpol-PP, Dishub dan Linmas. Ribuan pasukan itu dibagi dengan rincian, penjagaan TPS sebanyak 1.098 personil.

“Pasukan cadangan kita siapkan 50 personil. Ini digunakan jika ada petugas ada yang reaktif,” ucap Azis di dampingi Dandim 0508 Depok, Kolonel Inf Agus Israk Miraj

Kemudian, perbantuan pasukan dari Polda dan Mabes, yakni dari Brimob Mabes sebanyak 200 personil, Satuan Brimob Polda Metro Jaya sebanyak 200 personil, dan Direktorat Sabhara Polda Metro Jaya sebanyak 200 personil.

Tak hanya itu saja, Polres juga mendapat perbantuan pasukan dari unsur TNI yakni, Kodim 0508 Depok sebanyak 250 personil, Batalyon Kavaleri 7 sebanyak 100 personil dan Batalyon Kavaleri 201 juga sebanyak 100 personil.

Azis menjelaskan, data untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Depok mencapai 1.229.362 jiwa. Sedangkan TPS mencapai 4.015 titik.

“Personil pengamanan TPS kita lakukan dengan pola 2, 8, 16 ada 1.098 itu yang akan insert masuk ke TPS-TPS.”

Kapolres Metro Depok Kombes Azis Andriansyah bersama Dandim 0508 Depok, Kolonel Inf Agus Israk Miraj (Istimewa)

Lebih lanjut Azis mengungkapkan, personil tambahan dari Mabes Polri, dan Brimob akan ditempatkan di sebar di sejumlah Polsek yang ada di Kota Depok.

“Karena personel Polsek banyak habis untuk pengamanan TPS maka di Polsek-Polsek ada minimal satu lagi pasukan untuk mengamankan wilayah mereka, bertugas patroli memberikan imbauan sekaligus juga menjaga protokol kesehatan,” ujarrnya

Sedangkan unsur TNI dari Satuan Yonkav akan siaga di Polres.

“Karena kita terhitung aman jadi kita menggunakan pola 2, 8, 16. Dua personil Polri 8 TPS dan 16 Linmas. Jadi dua personel Polri ini mengawasi atau mengamankan 8 TPS dibantu oleh 16 Linmas.”

Azis menambahkan, dari hasil pengamatan sampai saat ini tidak ada titik rawan di Kota Depok.

“Semoga kita terus update terus, semoga tidak ada tempat rawan. Namun demikian kami tidak under estimate, makanya kami mengerahkan pasukan cukup banyak karena ingin memastikan bahwa keamanan pelaksanaan Pilkada terjamin dan protokol kesehatan juga terjaga,” ucapnya. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here