Gyazi Zardes Antarkan Amerika Serikat Maju ke Final Piala Emas 2021

Gyazi Zardes melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Qatar.(Foto: U.S. Soccer MNT)
Gyazi Zardes melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Qatar.(Foto: U.S. Soccer MNT)

DepokToday—Tim Amerika Serikat maju ke Final Piala Emas Concacaf 2021 usai mengalahkan Qatar pada laga semifinal di Stadion Q2 di Austin, Texas, Jumat 30 Juli 2021 pagi WIB.

Tampil di hadapan 20.500 penonton, yang tiketnya terjual habis, Amerika Serikat menang tipis 1-0 atas tim asal Asia itu.

Gyazi Zardes menjadi pahlawan kemenangan Amerika Serikat karena gol yang dicetaknya pada menit 86, tidak hanya memberikan kemenangan tapi juga mengantarkan tuan rumah lolos ke final untuk ketiga kalinya berturut-turut.

BACA JUGA: Lawan Qatar di Semifinal, Gelandang Amerika Serikat Bilang Seperti Ini

Dari jalannya pertandingan, Qatar yang notabene tim undangan di kompetisi ini, mampu memberikan ancaman lebih awal.

Peluang berbahaya pertama sang juara Piala Asia 2019 ini datang dari intersepsi Hassan Al-Haydos pada menit ketujuh.

Kapten Qatar itu memberikan umpan dari kanan ke tepi kiri kotak penalti, tetapi Almoez Ali tidak bisa mengkonversi menjadi gol.

Pertandingan semifinal antara Amerika Serikat vs Qatar.(Foto: Twitter Gold Cup)
Pertandingan semifinal antara Amerika Serikat vs Qatar.(Foto: Twitter Gold Cup)

Penjaga gawang Amerika Serikat, Matt Turner, kemudian melakukan penyelamatan penting pada menit ke-19 dengan menepis upaya mencetak gol pemain Qatar.

BACA JUGA: Amerika Serikat vs Qatar, Penentuan Finalis Pertama Piala Emas 2021

Turner kembali melakukan penyelamatan penting dua menit kemudian, menggagalkan upaya Abdulaziz Hatem pada kesempatan ini. Penyerang Qatar itu mencoba memanfaatkan kesempatan kedua setelah umpan dari Akram Afif.

Amerika Serikat mendapat peluang pada menit ke-43 melalui tendangan bebas, karena upaya dari Gianluca Busio menemukan Daryl Dike, tetapi kiper Qatar Meshaal Barsham berhasil menangkap bola.

Pada menit ke-52, Matthew Hoppe memberikan umpan yang menembus pertahanan dan masuk ke dalam kotak, tetapi sentuhan akhir Dike tidak membuahkan hasil.

Amerika Serikat terhindar dari bahaya di menit ke-62 saat Qatar melewatkan peluang untuk mencetak gol pembuka ketika tendangan penalti oleh Al-Haydos melewati tiang atas.

Kegagalan penalti Qatar memicu serangan Amerika Serikat, dan mereka nyaris mencetak gol pada menit ke-78 ketika Hoppe menemukan Sam Vines berlari ke dalam kotak penalti. Tetapi sepakan bek Amerika Serikat itu mampu diblok barisan pertahanan Qatar.

Gol pemenang pertandingan akhirnya tiba di menit ke-86, saat tim Amerika Serikat melakukan serangan balik. Gyazi Zardes melepaskan tembakan ke gawang usai mendapat umpan silang dari Nicholas Gioacchini.

Gol tersebut akhirnya mengirim Amerika Serikat ke babak final Piala Emas Concacaf 2021 pada hari Minggu 31 Juli 2021 waktu setempat.

(tdr/Sumber: concacaf.com)