Gusdurian Peduli dan Relawan Saling Jaga Ciptakan Warung Gong

Gusdurian Peduli dan Relawan Saling Jaga memberikan bantuan kepada warga terdampak Covid-19.(Istimewa)

SAWANGAN-Pandemi virus Corona belum reda. Banyak warga yang terkena dampak dari Covid-19, terutama perekonomiannya, karena adanya peraturan pemerintah yang membatasi keramaian.

Berkaca dari hal tersebut, Gusdurian Peduli dan Relawan Saling Jaga Ciptakan Warung Gong.

“Kami Gusdurian Kota Depok bergerak dengan membuat warung Gotong Royong atau Gong,” kata Koordinator Gusdurian Kota Depok, Mansur al Farisi, kepada wartawan di Sawangan, Sabtu (25/4/2020).

Ia memaparkan, model bantuannya pun sekarang mulai merambah ke pemberdayaan toko rakyat, warung kelontong dan UMKM kampung-kampung.

“Selain pendistribusian sembako yang sudah menyalurkan beras sebanyak 2,5 ton plus paket sembako dan paket kesehatan,” paparnya.

Dikatakannya, pemberdayaan warung ini adalah dengan memesan ke warung yang terancam bangkrut selama bulan Ramadan dan menyalurkan ke pengemudi ojek pangkalan dan ojek online.

“Dari iuran relawan kami kemudian dibelikan nasi bungkus dari warung sepi terancam bangkrut efek corona, dan kemudian dibagikan ke tukang parkir, ojek pangkalan dan yang membutuhkan. Selain itu ditambah pembagian masker dan handsanitizer,” katanya.

Sementara itu, Relawan Gerakan Saling Jaga Kota Depok, Hakim Muzayyan, menyatakan, pembentukan Warung Gong merupakan bentuk inisiatif dari Gusdurian Kota Depok untuk membantu menggairahkan pelaku usaha kecil dan menengah. Terutama warung-warung kecil, toko kelontong dan warung makan.

“Kami siap mendukung gerakan ini dan membantu sekuat tenaga untuk bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak signifikan atas wabah covid-19,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, Gusdurian Peduli dan Gerakan Saling Jaga telah bergerak sejak bulan Maret lalu. Selain menjadi pusat penggalangan dana, Gusdurian Peduli juga bekerja sama dengan beberapa penggalang dana lain untuk menyalurkan bantuan kepada warga yang membutuhkan.

(ahi/hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here