Guru Besar UIN Sebut Rocky Gerung Islami, Cuma Belum Syahadat

Rocky Gerung. Foto Youtube Prime Show iNews
Rocky Gerung. Foto Youtube Prime Show iNews

DepokToday- Belum lama ini Guru Besar UIN Banten, Prof Fauzul Iman melontarkan pernyataan yang cukup mengejutkan terkait Rocky Gerung. Menurutnya, Rocky mencerminkan sosok seorang muslim, hanya saja dia belum bersyahadat.

Melansir Hops.id jaringan DepokToday.com, hal itu ia sampaikan ketika diwawancarai kolumnis Hersubeno Arief di saluran YouTube-nya.

Menurut Fauzul, sosok Rocky sangat Islami, karena pandangannya dalam kacamata luas, di mana perilaku-perilaku yang ditampilkan mencerminkan seorang muslim.

“Rocky Gerung itu muslim yang belum bersyahadat, itu karena secara substansial dan perilaku-perilakunya sebetulnya sudah Islami,” tuturnya dikutip pada Kamis 28 Oktober 2021.

Rocky Gerung dan Islam

Sebagai contoh, kata Fauzul, Rocky secara prinsip selalu tegak untuk mengkoreksi, melakukan kritisi terhadap situasi yang kadang membungkam masalah-masalah demokrasi.

“Dia tegas secara prinsip membahas kesejahteraan, ekonomi, demokrasi. Maka itu, saya kira secara substansial Rocky Gerung sudah Islam. Hanya memang formalnya belum syahadat. Tapi yang dia lakukan itu sudah Islam,” ujarnya.

Baca Juga: Terbaru! Kejari Utus 8 Jaksa Bidik Tersangka Korupsi Damkar Depok

Ia lantas menyinggung Kitab Al Manar di mana di dalamnya disebutkan, Islam justru terlihat di barat. Jadi walau banyak orang muslim berada di Timur, baik Indonesia dan Mesir, namun dia menyebut melihat Islam justru ada di barat.

“Karena melihat kebersihannya, tata kelola jalan raya, orang-orang yang lewat tidak asal nerobos, disiplin, klakson tidak dibunyikan keras-kaeras, sampah-sampah dikelola dengan baik, itu kan islami,” jelasnya.

Baca Juga: Heboh, Pengelola Curug Leuwi Hejo Disebut Getok Harga Tiket

Sementara di Indonesia, kata Fauzul, walau banyak sekali muslim yang sudah bersyahadat, namun perilaku-perilakunya tidak tumbuh.

“Sudah bersyahadat tapi tidak menunjukan Islam, sementara Rocky Gerung belum bersyahadat tapi menunjukkan sikap Islami,” katanya. (rul/*)