Guru Besar FIB UI, Prof Toeti Heraty Noerhadi Meninggal Dunia

Guru Besar purnabakti Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Universitas Indonesia atau UI, Prof. Toeti Heraty Noerhadi (Istimewa)
Guru Besar purnabakti Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Universitas Indonesia atau UI, Prof. Toeti Heraty Noerhadi (Istimewa)

DEPOK- Guru Besar purnabakti Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Universitas Indonesia atau UI, Prof. Toeti Heraty Noerhadi meninggal dunia pada Minggu, 13 Juni 2021.

Almarhumah adalah putri dari Prof. Roosseno Soerjohadikoesoemo, seorang cendekiawan, politikus, ilmuwan, dan guru besar Institut Teknologi Bandung. Prof Toeti tutup mata di usia 87 tahun, sekira pukul 05:10 WIB, kemarin.

“UI berduka dan kehilangan atas kepergian Prof. Toeti Heraty, seorang guru besar yang akan dikenang sebagai dosen dan pendidik yang berdedikasi,” kata Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia dalam keterangan tertulisnya, Senin 14 Juni 2021.

Amelita menjelaskan, pada Agustus 2017, Prof. Toeti menerima Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma dari Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, Prof. Toeti juga menerima penghargaan sebagai Guru Besar Luar Biasa dari UI.

Baca Juga: Kabar Duka, Rektor Universitas Pancasila Prof Wahono Meninggal Dunia

Jejak Guru Besar FIB UI, Prof Toeti

Toeti Heraty Noerhadi Roosseno, yang merupakan salah seorang pendiri Jurnal Perempuan, juga dikenal sebagai penulis buku, diantaranya adalah buku Dialog dengan Kematian, Lika-Liku Dasawindu, A Time A Season.

Kemudian, buku Hidup Matinya Seorang Pengarang, Calon Arang-Kisah Perempuan Korban Patriarki, Nostalgi-Transedensi, Wanita Multidimensional, Woman in Asia: Beyond the Domestic Domain.

Selain itu, ia juga sempat menulis buku Manifestasi Puisi Indoneisa-Belanda, Mimpi dan Prestasi, Seserpih Pinang Sekapur Sirih, Aku dalam Budaya, dan Sajak-Sajak 33.

Dalam catatan latar belakang pendidikannya, Prof. Toeti merupakan sarjana muda kedokteran UI (1955), kemudian tahun 1962 ia menyelesaikan studinya di Fakultas Psikologi UI jenjang sarjana.

Pada tahun 1974, Prof. Toeti berhasil mendapatkan gelar sarjana Filsafat dari Rijk Universiteit, Leiden, Belanda. Dan tahun 1979, ia lulus sebagai Doktor Filsafat dari UI.

Prof. Toeti tercatat sebagai pengajar fakultas sastra (FS) di UI dan Ketua Jurusan Filsafat di FSUI. Ia dikukuhkan menjadi Guru Besar Luar Biasa FS UI pada tahun 1994. Prof. Toeti juga menjadi Dewan Penasehat Ikatan Cendekiawan Muslim (ICMI) dan Dewan Penasehat Koalisi Perempuan Indonesia. (rul/*)