Gubernur Sebut Klaster Keluarga di Bodebek Tertinggi di Jabar

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil bertugas di Depok (Depoktoday.com)
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil bertugas di Depok (Depoktoday.com)

MARGONDA– Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kembali berkantor di Depok pada Selasa 6 Oktober 2020. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menegaskan, ini adalah bagian dari upaya untuk mempercepatan penanganan COVID-19.

“Ini Minggu kedua saya bertugas rutin di Depok. Salah satunya saya melakukan koordinasi dengan kepala daerah Bodebek, Depok untuk memastikan kesamaan gerak,” katanya di Balai Kota Depok.

Dari rapat terbatas, ada beberapa kesamaan yang telah disepakati. Kesamaan utama, ialah klaster keluarga di kawasan Bogor Depok dan Bekasi (Bodebek) sedang tinggi-tingginya untuk kasus di wilayah Jawa barat.

“Contoh dari Bogor dari 200-an KK yang kenanya rata-rata satu keluarga tiga orang. Ya jadi ini dilaporkan juga di Kota Bekasi,” jelas Emil

Terkait hal itu, Emil mengaku telah mengerahkan tim gugus tugas untuk melakukan tracing secara masif.

“Klaster keluarga ini datang dari klaster kantor. Karena mayoritas kerja di Jakarta sedang kita teliti, ini klaster kantornya Jakarta atau klaster kantornya dari dalam kota sendiri,” katanya

Emil menambahkan “Apakah karena kantor yang di Bogor atau KTP Bogor yang klaster kantornya di Jakarta nanti kita akan teliti.”

Hasil rapat kedua, lanjut Emil, adalah sinkronisasi kebijakan pembatasan kegiatan yang sampai pukul 18:00 WIB. Menurutnya, masih ada beberapa wilayah yang belum sama dalam menentukan batas operasional kegiatan usaha.

“Misalnya perbatasan Depok dengan Kabupaten Bogor ternyata anaknya tutup, kirinya masih buka, nah itu sedang kita samakan.”

Untuk diketahui, angka kasus positif di Kota Depok totalnya telah mencapai 5.013 kasus, sembuh 3.454 orang, dan meninggal dunia 143 orang sampai dengan Selasa 6 Oktober 2020. (rul/*)