Gubernur Deklarasikan Pilkada Serentak 2020 di Jabar Aman

Ridwan Kamil
Ridwan Kamil (berdiri). Foto diabadikan sebelum COVID-19. (Foto: teras.id)

BANDUNG—Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, berkomitmen menggelar Pilkada Serentak 2020 dengan aman. Komitmen tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

“Kita ingin tidak ada kekhawatiran dari masyarakat karena semua berkomitmen menjaga pilkada ini dengan aman,” ucap Ridwan Kamil pada acara penandatanganan deklarasi Pilkada Serentak 2020 yang berkualitas, berintegritas, dan patuh protokol kesehatan COVID-19 di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat 27 November 2020.

Dibaca Juga: https://depoktoday.hops.id/provinsi-jawa-barat-diusulkan-ganti-nama/

Kang Emil, sapaan akrabnya, sudah menginstruksikan kepada KPU Jabar untuk mencegah adanya kontak fisik selama pelaksanaan pencoblosan sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19.

“Kita sudah menginstruksikan tidak boleh ada persentuhan tangan bahkan nanti tidak ada celup tinta, tapi tinta ditetes. Semua petugas juga wajib menjalani rapid test,” katanya.

“Ini contoh bahwa Jabar sangat serius menjaga keamanan pelaksanaan Pikada Serentak 2020,” sambungnya seperti dilansir jabarprov.go.id.

Kang Emil berharap, kendati Pilkada Serentak 2020 digelar dalam situasi pandemi COVID-19, tingkat partisipasi masyarakat tidak menurun. Sebab, kata ia, pihaknya berkomitmen menjaga keamanan dan kesehatan masyarakat selama pilkada berlangsung.

“Kami juga sudah menginstruksikan Pjs Bupati/Wali Kota agar mengantisipasi hal terburuk jika memang terjadi lonjakan, maka rumah sakit dan pusat isolasi harus sudah dipersiapkan,” katanya.

Sebelum penandatanganan komitmen tersebut, Kang Emil mendengarkan laporan perkembangan pelaksanaan pilkada dari para penyelanggara pemilihan di delapan daerah.

“Intinya pilkada sudah sangat siap, tadi dilaporkan. Saya hanya menyampaikan arahan-arahan penyempurna kesiapan. Kepada warga mari maksimalkan hak suaranya,” ucap Kang Emil.

Sekadar informasi, sebanyak delapan daerah di Jabar akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020, yakni Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran dan Kota Depok.

(tdr/*)