Gol Kieffer Moore Selamatkan Wales dari Kekalahan

Sundulan kepala Kieffer Moore membobol gawang Swiss.(Foto: Twitter Wales)
Sundulan kepala Kieffer Moore membobol gawang Swiss.(Foto: Twitter Wales)

BAKU—Pertandingan Grup A Piala Eropa 2020 antara Wales melawan Swiss di Stadion Olimpiade, Baku, Azerbaijan, Sabtu 12 Juni 2021 malam WIB, berakhir imbang dengan skor 1-1.

Setelah bermain imbang tanpa gol di babak pertama, Wales tertinggal lebih dulu dari Swiss ketika pertandingan babak kedua baru berjalan empat menit.

DIBACA JUGA: Piala Eropa 2020 Dimulai, Italia Petik Poin Tiga di Laga Perdana

Penyerang Swiss, Breel Embolo, mencetak gol dimenit 49 memanfaatkan umpan dari Xherdan Shaqiri. Papan skor berubah 1-0 untuk Swiss.

Selebrasi Breel Embolo usai membobol gawang Wales.(Foto: Twitter UEFA)
Selebrasi Breel Embolo usai membobol gawang Wales.(Foto: Twitter UEFA)

Wales yang merupakan semifinalis Piala Eropa 2016 mencoba bangkit. Serangan dilancarkan dan upaya Gareth Bale dkk pun membuahkan hasil.

Pada menit 74, bomber Wales, Kieffer Moore, mencetak gol melalui sundulan kepala setelah menerima umpan matang dari Joe Morrell. Skor sama kuat 1-1.

Swiss sebenarnya kembali unggul 1-2 pada menit 85. Namun gol yang dicetak Mario Gavranovic, dianulir wasit setelah melihat tayangan VAR.

Dalam tayangan VAR, wasit mengkonfirmasi jika gol hasil tendangan Gavranovic dibatalkan karena posisi pemain pengganti itu offside.

DIBACA JUGA: Pembagian Grup dan Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020

Pertandingan pun dilanjutkan dengan kedudukan masih 1-1. Tapi tidak ada gol lagi yang tercipta hingga babak kedua berakhir meskipun Swiss tampil menekan Wales.

Swiss dan Wales pun sama-sama mengantongi satu poin. Wales harus berterima kasih kepada Kieffer Moore karena golnya menyelamatkan timnya dari kekalahan.

Klasemen sementara Grup A.(Foto: Tangkapan Layar laman resmi UEFA)
Klasemen sementara Grup A.(Foto: Tangkapan Layar laman resmi UEFA)

Dengan hasil tersebut, posisi puncak klasemen masih dipegang Italia yang menang 3-0 atas Turki di laga pembuka Piala Eropa 2020 di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Sabtu 12 Juni 2021 dini hari WIB.

Posisi kedua ditempati Wales dengan poin satu, diikuti Swiss di urutan ketiga dengan satu poin, dan posisi terakhir dihuni Turki dengan poin nol.

Laga selanjutnya di Grup A, Turkey vs Wales tanggal 16 Juni 2021 waktu setempat di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan. Dan di hari yang sama Italy vs Switzerland di Stadion Olimpico, Roma, Italia.

(tdr/*)