Giliran Wartawan Disuntik Vaksin COVID-19

Vaksin COVID-19 Wartawan
Presiden RI, Joko Widodo, memantau kegiatan vaksinasi COVID-19 untuk wartawan. (Foto: Dok. Kementerian Kesehatan RI)

JAKARTA—Kemenkes berkolaborasi dengan Kemenkomimfo dan Dewan Pers Indonesia menggelar vaksinasi COVID-19 bagi awak media di Hall A Basket, Istora Senayan, Jakarta, Kamis 25 Februari 2021.

Sekitar 5.512 jurnalis ditargetkan menerima vaksin COVID-19 dosis pertama, dimana proses vaksinasi dimulai hari ini sampai tiga hari ke depan.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, setiap harinya vaksinasi digelar dalam 3 shift dengan melibatkan 25 tim dari Yankes (RSKO), Dinkes DKI Jakarta, TNI, Polri, BUMN, KKP Bandung & KKP Banten.

Penyelenggara memastikan seluruh proses vaksinasi akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat seperti memakai masker, menjaga jarak dan menyediakan fasilitas cuci tangan maupun hand sanitizer di lokasi vaksinasi, guna mencegah terjadinya penularan COVID-19.

Presiden RI, Joko Widodo, bersama Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, Menkominfo, Jhony G. Plate, dan Ketua Dewan Pers Indonesia, Muhammad Nuh, meninjau secara langsung kegiatan vaksinasi sembari berbincang dengan petugas maupun peserta vaksinasi.

Dalam keterangannya, presiden berharap kegiatan serupa bisa segera dilaksanakan di daerah lain seraya memastikan semua awak media di tanah air menerima vaksin COVID-19.

Sedangkan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menjelaskan bahwa kolaborasi ini merupakan upaya untuk mempercepat cakupan vaksinasi COVID-19 di Tanah Air.

Menkes berharap sinergisitas dan harmonisasi yang terjalin dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini, bisa diimplementasikan pada vaksinasi-vaksinasi berikutnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pers Indonesia, Muhammad Nuh, mengapresiasi langkah pemerintah yang memprioritaskan awak media menerima vaksin COVID-19.

“Sebab dengan interaksi dan mobilitas mereka yang tinggi, membutuhkan vaksin untuk melindungi dari potensi penularan COVID-19, sehingga mereka dapat bekerja dengan sehat dan aman,” katanya.

Menjadi salah satu kelompok prioritas penerima vaksin COVID-19, sejumlah awak media mengaku antusias. Sebab, mereka memiliki interaksi dan mobilitas yang tinggi, sehingga rentan tertular COVID-19.

Untuk itu, vaksin sangat penting guna memberikan memproteksi mereka dari potensi penularan COVID-19.

Mereka berharap vaksinasi COVID-19 bagi para jurnalis bisa segera dilaksanakan di seluruh Indonesia, sehingga semakin banyak yang terlindungi.

(tdr/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here