Gerindra Rangkul Sejumlah Parpol di Pilkada Depok, Kecuali PKS

Gerindra melakukan kunjungan politik ke PKB (Istimewa)

SUKMAJAYA- Sejumlah partai politik (parpol) di Kota Depok kian gencar melakukan konsolidasi jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Salah satu partai yang cukup berambisi mengusung jagoannya adalah Gerindra.

          Sekertaris DPC Gerindra Kota Depok, Hamzah mengakui, pihaknya telah melakukan penjajakan politik terhadap beberapa parpol, di antaranya adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Golkar, dan yang belum lama ini adalah Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB.

          “DPC Gerindra sudah buat surat untuk membuat kunjungan ke partai-partai lain, kecuali PKS. Kita prioritaskan hari ini ke PKB dan alhamdulillah tanggapannya memuaskan,” katanya dikutip pada Selasa 30 Juni 2020

          Hamzah menegaskan, pihaknya akan semakin intens melakukan safari politik, namun itu tidak berlaku untuk partai lain yang diyakininya sulit untuk diajak berkoalisi.

“Kalau kita lihat, partai yang sudah ada miring-miring ke sana kan sudah kelihatan. Tentunya silaturahmi politik terus berjalan. Semua kan teman-teman ya di Depok. Tinggal kita menawarkan apa yang menjadi pandangan kebersamaan,” ujarnya

Dari hasil rapat tertutup bersama sejumlah pengurus DPC PKB Depok, kata Hamzah, telah terjadi beberapa kesepakatan.

“Alhamdulillah tanggapannya positif dan akan langsung dibicarakan di DPC, DPW dan DPP. Dalam waktu dekat Bang Pradi sepertinya akan ke DPP PKB. Dan kita sudah punya unsur visi misi yang sama untuk membangun Kota Depok,” jelasnya

Ya, Gerindra secara terang-terangan bakal mengusung kader internalnya sendiri yakni Pradi Supriatna selaku Ketua DPC Gerindra yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Depok.

“Mudah-mudahan PKB ada bersama dengan Gerindra dalam mengusung calon Wali Kota Depok.”

Ketika disinggung apa saja bargening yang diajukan PKB, Hamzah mengaku hal itu masih dalam tahap pembahasan. “Ini tentunya masih pembahasan. Mereka merapatkan di DPC, DPW dan DPP semua partai begitu. Golkar pun sama dengan kita. Intinya mereka sangat serius untuk bisa bersama-sama dengan kita,” tuturnya

Selain PDIP, Golkar dan PKB, Hamzah mengaku, pihaknya juga bakal menyambangi PAN dan Demokrat. Sementara itu, Sekretaris DPC PKB Kota Depok, Iwan Setiawan mengaku, Gerindra telah menjajaki komunikasi politik terkait Pilkada.

“Secara yang dibicarakan, platform, gerakan, konsolidasi, target Kota Depok ke depan, menarik, ada satu chemistry. Sangat ada dalam posisi itu. Tapi penentu ada pada DPP.”

          Iwan menegaskan, inti dari pertemuan tersebut adalah memajukan Kota Depok. Ketika disinggung apakah PKB akan mengusulkan kader internal untuk ikut bertarung dalam ajang bergengsi tersebut, Iwan mengaku hal tersebut tergantung pada peluang yang ada.

“Peluang itu masih ada. Cuman kita kan mengerti-lah kita 3 kursi, beliau juga kan komunikasi sebelumnya dengan PDI-P. Intinya silaturahmi dan safari politiknya kita sambut dengan baik, keputusannya ada di DPP. Kecuali Gerindra yang sudah ada keputusan dari DPP Bang Pradi calon wali kota.”

          Untuk diketahui, ada tiga partai yang berpeluang mengusung kader internalnya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Depok. Yakni PKS, PDIP dan Gerindra. Itu lantaran ketiga partai tersebut meraih perolehan suara yang cukup besar di Kota Depok. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here