Genoa Resmi Dilatih Mantan Pemain AC Milan, Ini Sosoknya

Andriy Shevchenko sudah berada di Genoa.(Foto: Twitter/Genoa CFC)
Andriy Shevchenko sudah berada di Genoa.(Foto: Twitter/Genoa CFC)

DepokToday-Genoa menunjuk mantan penyerang AC Milan dan Chelsea, Andriy Shevchenko, sebagai pelatihnya sehari setelah memecat Davide Ballardini.

Shevchenko yang berusia 45 tahun menandatangani kontrak bersama Genoa hingga Juni 2024. Demikian laporan klub tersebut pada Minggu, 7 November 2021.

Shevchenko berhenti dari satu-satunya posisi kepelatihannya sebelumnya, yang bertanggung jawab atas Ukraina, pada bulan Agustus 2021.

Dia membawa tim nasional ke perempat final Piala Eropa 2020 untuk pertama kalinya dalam sejarahnya sebelum disingkirkan oleh Inggris.

Pemilik baru Genoa di Amerika, perusahaan investasi swasta 777 Partners, bertindak setelah hanya meraih satu kemenangan dalam 12 pertandingan Serie A musim ini.

“Memulai petualangan baru ini untuk membawa kembali Genoa ke sejarahnya yang hebat,” kata Shevchenko dalam sebuah postingan di Instagram.

Andriy Shevchenko.(Foto: Twitter Euro2020)
Andriy Shevchenko.(Foto: Twitter Euro2020)

BACA JUGA: Fiorentina, Udinese, Genoa, & Spezia Masuk Putaran Dua Coppa Italia

BACA JUGA: Xavi Hernandez Lewati Kesempatan Melatih Brasil Demi Barcelona

Genoa adalah klub sepak bola tertua di Italia tetapi memenangkan yang terakhir dari sembilan gelar liga Italia pada tahun 1924.

Genoa sering berjuang melawan degradasi dalam beberapa tahun terakhir dan hasil imbang hari Jumat di Empoli meninggalkannya di zona degradasi dan menyebabkan pemecatan Ballardini.

“Genoa mengumumkan bahwa Andriy Shevchenko telah mencapai kesepakatan dengan 777 Partners dan akan memimpin Grifone hingga 30 Juni 2024,” tulis Genoa dalam sebuah pernyataan, sebelum menyebutkan beberapa pencapaian Shevchenko sebagai pemain dan pelatih.

“Genoa dan 777 Partners dengan hangat menyambut pelatih Shevchenko dan berharap dia memiliki waktu yang bermanfaat untuk memimpin klub tertua di Italia,” sambung pernyataan klub itu.

Genoa saat ini menempati posisi 17 klasemen sementara Serie A Italia musim kompetisi 2021-2022 hingga pekan ke-12.

Perolehan poin Genoa yakni sembilan dari hasil satu kali menang, enam bermain imbang, dan lima kekalahan.

Satu-satunya kemenangan Genoa di Serie A Italia musim ini diraih ketika bersua Cagliari, tanggal 12 September 2021.

Duel yang berlangsung di Sardegna Arena itu berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan Genoa.

(tdr/Sumber: firstpost.com)