Gencarkan Vaksinasi, Pemkot Depok Luncurkan D’Vajar Untuk Jemput Warga

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (tengah) saat meresmikan program D'Vajar di Kantor Kelurahan Ratujaya, Jumat 13 Agustus 2021. Foto: Dok. Pemkot Depok
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (tengah) saat meresmikan program D'Vajar di Kantor Kelurahan Ratujaya, Jumat 13 Agustus 2021. Foto: Dok. Pemkot Depok

DepokToday – Demi kejar target vaksinasi, Pemerintah Kota Depok lakukan jemput bola dengan trobosan program Depok Vaksinasi Jemput Warga atau D’Vajar.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, program D’Vajar melibatkan angkutan kota dan transportasi publik seperti bus sekolah untuk menjangkau masyarakat menuju lokasi sentra vaksinasi.

“Program ini salah satu ikhtiar kami untuk bisa menyehatkan dan menyelamatkan nyawa masyarakat dari virus COVID-19. Nantinya masyarakat akan kami bawa ke RSUI untuk vaksin,” kata Imam usai peresmian D’Vajar di Kantor Kelurahan Ratu Jaya, seperti dikutip dalam laman resmi Pemkot Depok, Jumat 13 Agustus 2021.

Baca Juga: Wali Kota Depok Targetkan Agustus Ini, Vaksinasi Capai 50 Persen Warga

Imam mengatakan, ada sebanyak 15 unit kendaraan yang diberdayakan untuk melakukan penjemputan warga dengan target angkutan sebanyak 100 orang per kelurahan se-Kota Depok.

“Adapun untuk jumlah warga yang diangkut  untuk divaksin yaitu sebanyak 100 orang, per kelurahan,” kata Imam.

Imam mengatakan, dengan diluncurkannya program D’Vajar, target pemerintah Kota Depok untuk memvaksin 50 persen warga dapat terpenuhi.

“Targetnya 6.300 warga tervaksin dalam program ini. Dengan rincian, 100 orang per kelurahan. Kelurahan di Depok jumlahnya 63,” kata Imam.

Lebih jauh, Imam mengatakan, selain memenuhi target vaksinasi, program D’Vajar ini juga bertujuan untuk memberdayakan angkutan umum yang paling terdampak akibat pemberlakuan PPKM Level 4 sebagai upaya penanganan COVID-19.

“Jadi, angkutan umum kami berdayakan, agar mereka juga mendapatkan pemasukan. Supir angkot ini termasuk yang terkena dampak pandemi. Mudah-mudahan semakin banyak warga yang antusias untuk mengikuti vaksinasi,” kata Imam.

Program D’Vajar ini rencananya berlangsung hingga bulan November 2021. (ade/*)