Geledah Rumah Bos Pandamanda, Ini yang Ditemukan Polisi

Penggeledahan rumah mewah bos Pandamanda (istimewa)

MARGONDA- Proses penyelidikan terkait kasus penipuan berkedok jasa penyelenggara pesta pernikahan atau wediing organizer (WO), Pandamanda masih terus berlanjut. Polisi kini mulai menulusuri harta kekayaan Anwar Said (tersangka), yang diduga diraup dari puluhan korban.

Terkait hal itu, Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah mengaku, pihaknya telah menggeledah kembali rumah mewah bos Pandamanda tersebut, di kawasan Pancoran Mas, Depok pada Senin malam, 10 Februari 2020.

“Upaya kita menggeledah rumah kembali mencari dokumen dan pembukuan keuangan,” katanya, Selasa 11 Februari 2020

Dari penggeledahan itu, penyidik telah menemukan beberapa pembukuan keuangan yang diduga kuat terkait dengan kasus tersebut.

“Sekarang sudah ada beberapa pembukuan keuangan yang sudah kita teliti, tapi saya kira masih ada pembukuan lain yang nanti akan muncul berapa kerugian para klien atau keuntungan Pandamanda,” jelas Azis

Meski demikian, Azis mengaku belum bisa menyebut secara detail berapa jumlah uang yang ada di catatan pembukuan ataupun rekening tersangka karena belum dapat diakses. “Belum bisa dibuka, harus seizin yang bersangkutan dan bank Indonesia. Kita minta yang bersangkutan (Anwar) proaktif. Paspornya juga kita cek.”

Kapolres Metro Depok, Kombes Azis Andriansyah (istimewa)

Selain telah memeriksa sekira 20 orang saksi, polisi juga sudah menggali keterangan dari istri tersangka. “Istri sudah diperiksa sebagai saksi,” kata Azis

Seperti diketahui, Anwar Said dijerat pasal 378 tentang penipuan yang ancamannya empat tahun penjara. Tersangka diduga telah menipu puluhan calon pengantin dan pengantin dengan kerugian sementara ditaksir mencapai Rp 2,5 miliar. Kasusnya ditangani Polres Metro Depok. (rul/*)