Gelar Shalat Idul Fitri, Masjid Kubah Emas Depok Berlakukan Aturan Ketat    

Masjid Dian AL Mahri atau yang popular disebut Masjid Kubah Emas Depok dipastikan bakal menggelar shalat Idul Fitri pada Kamis 13 Mei 2021. (Foto: Depoktoday.com)
Masjid Dian AL Mahri atau yang popular disebut Masjid Kubah Emas Depok dipastikan bakal menggelar shalat Idul Fitri pada Kamis 13 Mei 2021. (Foto: Depoktoday.com)

LIMO- Masjid Dian AL Mahri atau yang popular disebut Masjid Kubah Emas Depok dipastikan bakal menggelar shalat Idul Fitri pada Kamis 13 Mei 2021. Namun demikian, pengurus masjid bakal menerapkan aturan yang cukup ketat, salah satunya membatasi jumlah jamaah.

“Insya Allah besok tetap ada shalat Idul Fitri, tapi kapasitasnya terbatas,” ucap seorang pengurus masjid yang berlokasi di kawasan Limo, Depok, itu pada Rabu 12 Mei 2021.

Baca Juga: 600 Polisi Bersihkan Sejumlah Masjid di Depok Jelang Idul Fitri

Rencananya, shalat akan berlangsung seperti biasa, dimulai sekira pukul 07:00 WIB. Gerbang Masjid Kubah Emas Depok akan ditutup jika jumlah jamaah dirasa sudah cukup yakni setengah dari kapasitas yang ada.

Kebijakan ini dilakukan sesuai aturan pemerintah soal jaga jarak, utamanya menghindari desak-desakan.

“Sama-kan (tdak hanya Masjid Kubah Emas Depok), tapi semua masjid juga gitu kapasitasnya dibatasi.”

Aturan Shalat Idul Fitri di Depok

Untuk diketahui, Wali Kota Depok, Mohammad Idris telah mengeluarkan surat edaran terkait aturan menjalankan shalat Idul Fitri. Ia mengimbau agar pengurus masjid menerapkan sejumlah ketentuan, di antaranya melakukan penyemprotan disinfektan di area shalat.

Kemudian membatasi jumlah jamaah di pintu masuk dan keluar, serta menyediakan fasilitas cuci tangan dan pengecekan suhu tubuh.

“Jika ditemukan jamaah dengan suhu diatas 37,5, tidak diperkenankan memasuki area tempat pelaksanaan shalat Idul Fitri. Dua kali pemeriksaan dengan jarak tiga menit,” katanya

Aturan berikutnya adalah menerapkan pembatasan jarak antar jamaah 1,5 meter, membatasi kapasitas sebanyak 30 persen, mempersingkat waktu pelaksanaan, dan memasang imbauan penerapan protokol kesehatan.

“Setiap jamaah menggunakan masker, dan membawa perlengkapan ibadah sendiri, tidak diperkenankan salaman atau kontak fisik sebelum dan setelah shalat.”

Tak hanya itu, Idris juga mengimbau pada jamaah lanjut usia yang memiliki penyakit komorbid dan orang yang sedang sakit untuk tidak mengikuti kegiatan shalat Idul Fitri. (rul/*)