Gejala Umum Virus Corona Kini Bisa Berupa Diare, Ketahui Penyebabnya

ilustrasi corona (istimewa)

DepokToday – Infeksi COVID-19 masih terjadi dan menyebar di seluruh dunia. Namun, dalam perkembangannya, gejala virus Corona ini terus berkembang setiap waktunya, bahkan yang terbaru bisa berupa diare

Pada awal pandemi ini datang, gejala umum yang paling menghinggapi penderitanya ialah batuk, panas hingga hilang indera penciuman.

Tetapi, untuk saat ini diare mungkin termasuk gejala umum virus Asala Tiongkok tersebut.

Melansir dari Suara.com, pada dasarnya, kesehatan usus pada anak-anak dan orang dewasa semuanya tergantung pada seberapa baik sistem pencernaan mereka bekerja.

Apoteker Komunitas, Sultan Dajani menjelaskan bahwa usus yang bekerja dengan baik bisa mencerna makanan secara efektif dan memperlancar buang air besar lebih mudah setidaknya 4 kali seminggu.

Sultan Dajani mengatakan, setiap permasalahan yang terjadi pada usus besar bisa membuat feses lebih lunak atau mencair yang merupakan tanda-tanda diare.

Kehilangan indera perasa dan penciuman atau anosmia ditambahkan ke dalam daftar gejala virus corona COVID-19 pada Mei 2020, setelah para ahli mengumpulkan lebih banuak informasi tentang hal-hal yang dialami oleh pasien.

Sejak awal pandemi, gejala-gejala ini terus berkembang pada orang-orang yang juga mengalami gejala sakit kepala dan kedinginan.

Diare Gejala Virus Corona

Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, 10 Kebiasaan Ini Ternyata Mampu Merusak Otak

Kemudian, data yang diterbitkan oleh para ahli di aplikasi ZOE Covid Symptom Study menemukan bahwa diare bisa menjadi gejala lain virus corona COVID-19.

Pakar medis dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di AS sebelumnya mengatakan bahwa beberapa pasien virus COVID-19 mengalami gejala diare.

Para ahli di ZOE mengatakan bahwa orang yang mengalami diare bersamaan dengan gejala virus corona COVID-19 lainnya, maka segeralah memeriksakan kondisinya ke rumah sakit.

Mereka juga menjelaskan diare yang disebabkan oleh virus corona mirip dengan sakit perut biasa, seperti rotavirus atau norovirus. Diare sebagai gejala virus corona ini sangat umum terjadi pada anak-anak dan orang dewasa yang biasanya hilang sendiri.

“Kami menduga virus corona COVID-19 bisa menyebabkan diare, karena virus ini bisa menyerang sel-sel di usus dan mengganggu fungsi normalnya,” kata para ahli dikutip dari The Sun.

Virus corona COVID-19 bisa menular melalui permukaan atau tangan yang terkontaminasi. Karena itu, kita selalu disarankan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan setelah menyentuh sesuatu.

Dalam hal ini, diare merupakan tanda peringatan dini virus corona COVID-19. Para ahli mengatakan gejala itu biasanya terjadi pada hari pertama infeksi virus corona Covid-19.

Pada orang dewasa, gejala ini bisa bertahan hingga 7 hari infeksi dan beberapa orang bisa mengalami gejalanya secara berkelanjutan selama masa infeksi virus corona. (lala/*)