Geger, Ular Besar Masuk ke Rumah Warga Depok

Seekor ular yang ditemukan berada di dalam rumah seorang warga di kawasan Bulak, Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, Depok, pada Kamis 13 Mei 2021. (Depoktoday.com)
Seekor ular yang ditemukan berada di dalam rumah seorang warga di kawasan Bulak, Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, Depok, pada Kamis 13 Mei 2021. (Depoktoday.com)

DEPOK- Seekor ular berukuran besar sepanjang lebih dari dua meter ditemukan berada di dalam rumah salah seorang warga di kawasan Bulak, Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, Depok, pada Kamis 13 Mei 2021. Peristiwa itu sempat membuat geger warga sekitar.

Beruntung, ular jenis sanca kembang itu berhasil diamankan oleh beberapa pria. Penampakan ular itu viral setelah diunggah ke media sosial.

“Waw panjang,” kata seorang netizen, putrimatras.

Temuan ular di pemukiman warga Depok sebenarnya bukan kali ini saja terjadi.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Denny Romulo menyebut, selama November 2020 lalu, pihaknya telah mendapat laporan terkait temuan ular di perumahan sebanyak 31 kasus.

Sedangkan pada Oktober 2020, jumlah laporan sebanyak 20 kasus. Rata-rata adalah jenis kobra dan sanca.

“Pernah dalam sehari kami amankan dua ular sanca berukuran besar sepanjang sekira 3 meter dengan telurnya 10 butir,” kata dia.

Kemudian, di wilayah Bojongsari, Denny dan anggotanya sempat mengevakuasi kobra berikut enam ekor anakan-nya.

Lokasi Rawan Ular

Menurut Denny, ular paling senang berada di tempat lembab atau tumpukan barang bekas. Biasanya mereka akan semakin aktif ketika musim penghujan.

“Ular-ular yang kami temukan selanjutnya akan kami lepas liarkan kembali ke habitat yang lebih aman, jauh dari pemukiman warga,” katanya. (rul/*)

Baca Juga: Merinding, Ular Besar Cari Mangsa di Pemukiman Warga