Geger Penampakan Bola Petir Berkeliaran di Perlintasan Kereta, Awas Bahaya

Penampakan bola petir (Foto: Instagram)
Penampakan bola petir (Foto: Instagram)

DepokToday- Sebuah cahaya bertegangan listrik tinggi berbentuk bulat atau yang dikenal dengan sebutan bola petir, terlihat melintas di sekitar rel kereta dan berkeliaran hingga ke arah kebun kosong.

Fenomena alam tersebut sempat terekam kamera dan diunggah ke media sosial. Salah satu akun Instagram yang memposting kejadian tersebut adalah @fakta.indo pada Selasa 9 November 2021.

Baca Juga: Artis Raffi Ahmad Belum Bayar Pajak 4 Rumah di Andara

Menurut keterangan dalam video tersebut, cahaya ini dikenal sebagai bola petir, fenomena listrik yang berpotensi meledak. Istilah ini mengacu pada laporan benda bercahaya dan bulat yang bervariasi dari ukuran kacang sampai diameter beberapa meter.

Meskipun biasanya terkait dengan badai petir, fenomena ini berlangsung jauh lebih lama daripada kilatan petir yang terjadi sepersekian detik. Banyak laporan awal mengklaim, bahwa bola akhirnya meledak, kadang-kadang dengan konsekuensi fatal, meninggalkan bau belerang.

Baca Juga: Terpopuler DepokToday, 9 November 2021: OPM Ngadu ke PBB, Cara Cepat Bikin Perut Rata

Fenomena alam ini menyedot perhatian publik. Banyak netizen yang dibuat heran dengan video tersebut.

Tentang Bola Petir

Merujuk keterangan dari wikipedia, bola petir adalah fenomena listrik atmosfer hipotetis yang sedikit diketahui. Istilah ini mengacu pada laporan tentang cahaya, objek biasanya berbentuk bola yang bervariasi dan diameternya berukuran beberapa meter.

Fenomena ini biasanya berhubungan dengan badai, tetapi berlangsung lebih lama dari kilat yang terbagi kedua dari petir.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Depok Hari Ini, Selasa 9 November 2021

Banyak laporan awal mengatakan bahwa bola akhirnya meledak, kadang-kadang dengan konsekuensi yang fatal, meninggalkan bau belerang.

Ada catatan bola bercahaya bebas-mengambang yang terjadi dalam total ketiadaan awan. Hal ini terjadi umumnya di lembah Hessdalen, Norwegia. (rul/*)