Geger, Mayat Bayi di Tempat Sampah Rumah Sakit Bunda Aliyah

Rumah Sakit Umum Bunda Aliyah, Depok (Depoktoday.hops.id)
Rumah Sakit Umum Bunda Aliyah, Depok (Depoktoday.hops.id)

KARTINI- Sesosok jasad bayi ditemukan terbungkus plastik di dalam tempat sampah toilet Rumah Sakit Umum Bunda Aliyah di Jalan Kartini, Depok. Kasus itu telah dilaporkan ke polisi.

Sayangnya, pihak manajemen rumah sakit belum bersedia dimintai keterangan oleh awak media. Namun seorang petugas keamanan setempat membenarkan kejadian itu.

“Iya (bayinya) dimasukin plastik tempat sampah kamar mandi dalam rumah sakit. Dibungkus plastik. Ditemukannya malam di kamar mandi pasien,” katanya, Senin 7 Juni 2021.

Kata dia, kasus itu telah ditangani Polsek Pancoran Mas, Depok.

“Selanjutnya bisa tanyakan polisi. Saya nggak tahu detail karena saya bukan piket malam, saya kan (tugas) pagi.”

Baca Juga: Lagi, Mayat Bayi Dibuang di Tempat Sampah

Polisi Usut Mayat Bayi di Rumah Sakit Bunda Aliyah

Sementara itu, Kapolsek Pancoran Mas, Komisaris Polisi Triharjadi juga tak menampik adanya kejadian tersebut.

“Itu (temuan mayat bayi) sudah diserahkan ke PPA Polres Metro Depok ya, karena menyangkut anak dan perempuan,” katanya

Ia mengaku, mendapat laporan terkait temuan mayat bayi di Rumah Sakit Umum Bunda Aliyay tadi pagi. “Informasi seperti itu, tapi sudah diserahkan ke PPA.”

Bukan yang Pertama

Kasus serupa juga sebelumnya terjadi di kota ini. Sesosok mayat bayi tak berdosa ditemukan di tumpukan sampah, di Kota Depok, pada Senin, 5 April 2021. Kejadian ini pun menambah daftar kelam kasus kejahatan anak di kota tersebut.

Kali ini, bayi tak berdosa itu ditemukan tumpukan sampah bawah kolong fly over Jalan Juanda, Kecamatan Beji.

“Ditemukannya di tumpukan sampah. Awalnya enggak ada yang ngeh. Posisi bayi ada dalam plastik, tadinya saya pikir sampah biasa dan saya lempar ke dalam truk. Pas diperiksa sama teman diatas truk dia lihat kakinya, pas saya lihat lagi eh kepalanya. Ya udah langsung kita laporin Pak RW,” kata Iwan

Baca Juga: Depok Bidik Predikat Utama Kota Layak Anak, Komnas PA Kritik Begini

Ia menuturkan, bayi tersebut berada dalam kantung plastik berwarna merah. Ketika dibuka, posisinya dalam keadaan tertelungkup dibungkus kain bekas warna putih dan kuning.

“Pas kita buka masih ada darahnya. Enggak busuk tapi kecium bau,” ujarnya.

Geger temuan mayat bayi di tumpukan sampah. (Depoktoday.hops.id)
Geger temuan mayat bayi di tumpukan sampah. (Depoktoday.hops.id)

Iwan mengaku tak tahu jenis kelamin bayi tersebut karena posisinya tengkurap. Namun berdasarkan keterangan polisi bayi itu berkelamin laki-laki dan masih ada tali pusar.

Sebelumnya, kasus serupa juga ditemukan di wilayah Kecamatan Cilodong pada Rabu pagi, 24 Februari 2021. Modusnya pun sama, bayi itu dibuang di tempat sampah dan ditemukan oleh petugas kebersihan.

Hingga kini, sederet kasus itu masih dalam penyelidikan Polres Metro Depok, sedangkan jasad bayi telah dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramatjati, guna dilakukan autopsi. (rul/*)