Gegara Ini, Sikap Warga Bikin Tim Penilai Lahan Proyek UIII Depok Baper

Tim penilai aset di lahan proyek UIII Depok (DepokToday.com)
Tim penilai aset di lahan proyek UIII Depok (DepokToday.com)

DepokToday- Proses penilaian aset di area lahan proyek Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), Cisalak, Depok terus berlanjut. Menariknya, dalam proses tahap II ini, tim penilai mendapat jamuan warga setempat.

Hal itu membuat sejumlah tim penilai dan petugas yang melakukan pendampingan terharu. Kuasa Hukum Kementerian Agama, Misrad menuturkan, sambutan warga cukup baik. Bahkan mereka mempersilahkan tim proyek UIII tahap II untuk masuk ke lahan garapannya.

“Ini kan bentuk kerja sama antara tim pembebasan dengan warga, bahwa warga sudah bersedia untuk dinilai asetnya. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan jamuan makan siang kepada tim,” katanya di lahan proyek UIII, Cisalak, Depok pada Selasa 24 Agustus 2021.

Konsep bangunan museum di proyek UIII Depok. (DepokToday.com)
Konsep bangunan museum di proyek UIII Depok. (DepokToday.com)

Menurut dia, apa yang dilakukan warga merupakan bagian dari ucapan terimakasih. Mereka sangat bahagia dan senang, sehingga proses penilaian ini berjalan dengan lancar.

“Selanjutnya mungkin setelah pembayaran mereka dengan segera untuk mengosongkan lokasi ini,” kata Misrad.

Baca Juga: Proyek UIII Berlanjut ke Tahap II, Warga Ada yang Dapat Rp 1,4 M

Ia mengaku, jamuan semacam ini bukan kali pertama. Pada hari sebelumnya, tim yang terdiri dari berbagai unsur ini juga disambut dengan jamuan makan siang.

“Sebetulnya ini yang kedua jamuan dari warga, kemarin juga ada yang di peternakan kambing itu juga ada jamuan dalam bentuk gulai kambing, ini kan rawon karena sapi. Ini saya katakan tadi, karena bentuk kerja sama antara warga dengan tim,” katanya.

Target Pembebasan Lahan Proyek UIII Depok

Sejauh ini, lanjut Misrad, proses penilaian aset warga di atas lahan UIII Cisalak, Depok, berjalan di luar ekspetasi. Target harian sendiri sebanyak 14 bidang lahan dapat dinilai, dengan target keseluruhan selama 10 hari kerja 141 bidang lahan rampung dinilai.

“Target hari ini 26 karena menutupi Jumat kemarin yang terpotong isoma salat Junat. Dengan angka 26 KK (Kepala Keluarga) hari ini kita sudah mendapat hampir 90 bidang. Ini justru melebihi dari target,” ujarnya.

Baca Juga: Beroperasi September 2021, UIII Boleh Diakses Non Muslim

“Target kita sehari itu kan 14 KK, kemarin 16 KK yang pertama. Kedua 16 KK, yang ketiga itu 11 kk, yang kemarin kalau tidak salah 18, hari ini 26, jadi sudah melebihi target semua,” timpalnya lagi.

Tuntutan Warga

Sementara itu, Ketua RT 02/14 Kampung Bulak, Edi Purwanto menuturkan, sambutan warga kepada tim tak lain untuk menunjukkan rasa terimakasih. Warga menyadari bahwa tugas tim penilai juga cukup berat.

“Bukan apa-apa ya, warga menjamu tidak bermaksud apa-apa, karena ini kan kebon ya, warung-warung juga jauh, jadi untuk menunjukkan rasa terimakasih saja kepada tim,” katanya.

Baca Juga: Kisah Pilu Pekerja Proyek UIII Depok, Diancam Preman Hingga Trauma

Ia berharap, tim penilai semakin transparan, dan angka yang diberikan terkait uang santunan bisa semakin tinggi. (rul/*)