Gegara Ini, Ketua Komnas PA Semprot Habis Inul Daratista

Inul Daratista (Istimewa)
Inul Daratista (Istimewa)

DepokToday- Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Konmnas PA), Arist Merdeka Sirait melontarkan pernyataan keras terhadap pedangdut Inul Daratista.

Sebabnya, Arist kesal lantaran Inul ikut mendukung penyambutan Saipul Jamil, artis yang bebas dari penjara usai tersangkut kasus asusila terhadap anak di bawah umur.

“Saya kira gini, kalau misal pendukungnya, termasuk Inul Daratista, kalau itu terjadi pada anaknya, apakah dia akan bersikap begitu. Saya kira tidak toh. Oleh karena itu jangan berlebihan, karena itu tidak mendidik,” katanya dikutip pada Selasa 7 September 2021

Terkait hal tersebut, Arist bahkan mengancam bisa saja melaporkan Inul Daratista ke ranah hukum.

“Sebenarnya bisa dilaporkan ikut serta, mendukung pedopilia itu. Misalnya saya dengar Inul Daratista yang menyiapkan itu semua kan. Itu bisa dikenakan pidana karena turut serta mensukung terjadinya kekerasan seksual walaupun Saipul Jamil telah menjalani proses pidananya.”

Saiful Jamil (Istimewa)
Perayaan bebasnya Saiful Jamil (Istimewa)

Semprot Inul Daratista, Arist Ajak Boikot Saipul Jamil

Menurut Arist, tontonan yang disuguhkan televisi terkait perayaan saat bebasnya Saipul Jamil akan berdampak buruk pada psikologi korban pelecehan.

“Sangat buruk sekali, karena setelah dua hari setelah tayangan itu, si korban langsung meminta pendapat saya, bagaimana ini katanya. Padahal ini kan kasus kejahatan seksual,  si korban ini sedang dalam terapi. Itu betapa lamanya healingnya trauma korban, karena dampaknya sangat luar biasa,” ujarnya.

Baca Juga: Segini Harta Wijayanto, Calon Sekda Gagal yang Dipercaya Idris Sebagai Kadisdik

Terkait hal tersebut, Arist pun telah mengeluarkan petisi untuk memboikot tayangan-tayangan yang menampilkan Saipul Jamil. Bahkan, Komnas PA juga akan mengirim surat pada pemerintah dan KPI untuk menegur stasiun televisi yang mengundang Saipul Jamil.

“Kemudian langkah berikutnya masyarakat harus mematikan televisi ketika melihat ada tayangan yang menampilkan Saipul Jamil.” (rul/*)