Gegara Ini, Dua Narapidana Rutan Depok Dapat Remisi Waisak

Dua narapidana beragama Budha di Rumah Tahanan Negara atau Rutan, Kelas I Depok, mendapat remisi khusus Waisak pada Rabu 26 Mei 2021. (Depoktoday.com)
Dua narapidana beragama Budha di Rumah Tahanan Negara atau Rutan, Kelas I Depok, mendapat remisi khusus Waisak pada Rabu 26 Mei 2021. (Depoktoday.com)

CILODONG- Dua narapidana beragama Budha di Rumah Tahanan Negara atau Rutan, Kelas I Depok, mendapat remisi khusus Waisak pada Rabu 26 Mei 2021. Kabar gembira itu sontak disambut haru oleh sejumlah warga binaan (WBP) tersebut.

Pemberian remisi untuk narapidana itu berlangsung di Vihara Rutan Kelas I Depok. Dengan program tersebut, maka mereka tak lama lagi akan menghirup udara bebas.

“Dua WBP tersebut sudah menjalani hukuman 10 bulan,” kata Kepala Pengamanan Rutan Kelas I Depok, Fauzi.

Sebelum proses serah terima remisi, kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan Menteri Hukum dan HAM RI.

“Surat keputusan ini dibacakan oleh Marhadi Kusumah sebagai Kepala Seksi Pelayanan Tahanan. Kemudian dilanjut dengan penyerahan SK (surat keputusan) remisi  kepada dua orang WBP,” ujar Fauzi.

Nasihat Petugas Untuk Narapidana Rutan Depok

Lebih lanjut ia menjelaskan, di Rutan Kelas I Depok ada 5 orang narapidana yang beragama Budha.

Dua narapidana beragama Budha di Rutan, Kelas I Depok, mendapat remisi khusus Waisak pada Rabu 26 Mei 2021. (Foto: Depoktoday.com)
Dua narapidana beragama Budha di Rutan, Kelas I Depok, mendapat remisi khusus Waisak pada Rabu 26 Mei 2021. (Foto: Depoktoday.com)

Dari data itu, dua di antaranya mendapat remisi khusus Waisak karena dianggap telah memenuhi kriteria, salah satunya berkelakuan baik dan sudah menjalani masa tahanan dengan status inkrah atau memiliki kekuatan hukum tetap.

“Kami tentu berharap agar WBP  tersebut dapat menjadi lebih baik lagi dan mentaati semua peraturan di dalam rutan dan tetap berkelakuan baik,” kata Fauzi.

Baca Juga: Aparat Sita Barang Terlarang dari Sel Napi Rutan Depok

“Sehingga ketika bebas nanti akan menjadi pribadi yang lebih baik serta tidak melakukan pelanggaran pidana lagi,” timpalnya lagi.

Cara Rutan Depok Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Petugas Rutan Kelas I Depok telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama atau MoU dengan sejumlah pihak pada Selasa 23 Maret 2021. Adapun tujuan dari program tersebut untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Kepala Rutan Kelas I Depok Anton, menuturkan, keberhasilan sistem pemasyarakatan dipengaruhi oleh tiga pilar, yakni narapidana, petugas pemasyarakatan dan masyarakat.

“Terima kasih kami ucapkan atas dukungan dan sinergi rekan – rekan semua, dengan adanya kegiatan nota kesepahaman ini kita bisa menjalin sinergi yang lebih baik untuk mewujudkan optimalisasi publik yang berkualitas,” katanya. (rul/*)