Gawat, PeduliLindungi Catat Ribuan Orang Positif COVID-19 Masuk Mal

Kominfo PeduliLindungi (Foto: Istimewa)
Kominfo PeduliLindungi (Foto: Istimewa)

DepokToday – Aplikasi PeduliLindungi yang mulai diberlakukan untuk berbagai syarat banyak keperluan telah mencatat adanya ribuan orang positif COVID-19 yang ingin masuk ke dalam mal.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyampaikan adanya fakta tersebut lewat konferensi persnya yang dikutip Minggu 11 September 2021.

“Kita sudah berhasil menjaring kira-kira kasus hitam sebanyak 1.625. Jadi ini adalah mereka yang tidak diketahui sebelumnya atau diketahui sebelumnya menderita COVID-19 atau kontak erat,” sebut Dante.

Mayoritas kata dia, mereka yang terdeteksi positif COVID-19 namun berkeliaran ini terdeteksi masuk ke dalam mal. “Itu terutama disebabkan karena mereka terdeteksi di sektor perdagangan terutama ketika akan masuk mal,” sebut dia.

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memaparkan, total masyarakat yang melakukan skrining dengan menggunakan Peduli Lindungi telah mencapai 20,9 juta orang.

Baca Juga: Supaya Awet, Pahami Cara Mencuci Celana Jeans yang Benar, Begini Seharusnya

“Dari total 20,9 juta orang tersebut, terdapat 761 ribu orang yang masuk kategori merah, tidak diperkenankan masuk/melakukan aktivitas ditempat publik oleh sistem,” katanya.

“Dan juga terdapat 1.603 orang dengan status positif dan kontak erat mencoba untuk melakukan aktivitas publik,” jelasnya

Menurut Luhut, pemerintah akan menindak orang yang masuk dalam kriteria hitam peduli lindungi yang masih berusaha melakukan aktivitas di area publik dengan membawa mereka ke dalam isolasi terpusat. (lala/*)