Gardu PLN Ikut Terimbas Angin Puting Beliung, 622 Gardu Rusak

Sejumlah wilayah do depok padam listrik. (Foto: DepokToday)
Sejumlah wilayah do depok padam listrik. (Foto: DepokToday)

DepokToday – Ratusan gardu listrik milik PT. PLN (Persero) rusak akibat terjangan angin puting beliung di Kota Depok, Selasa 21 September 2021 sore sekitar pukul 17.00.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Agung Nugraha mengatakan, seidikitnya ada sebanyak 622 gardu distribusi milik PLN yang rusak diterjang angin. Akibatnya, beberapa wilayah mengalami gangguan aliran listrik.

“Kami langsung mengupayakan manuver jaringan dan menerjunkan sejumlah personil yang terdiri pegawai dan petugas pelayanan teknik,” kata Agung melalui keterangan persnya, Selasa 21 September 2021 malam.

Agung mengatakan, sampai dengan pukul 19.00 malam kemarin sebanyak 303 gardu distribusi telah kembali normal kembali, “Menyisakan 319 gardu,” kata Agung.

Agung mengatakan, gardu distribusi yang terimbas angin puting beliung itu hampir sebagian besar terjadi di wilayah Jalan Margonda. Sejumlah tiang di jalan itu tumbang akibat kencangnya hembusan angin.

Baca Juga: Padam Listrik Imbas Hujan Badai Depok, Ini Daftar Wilayahnya

Lebih jauh, Agung mengatakan, pihaknya juga langsung melakukan upaya pengamanan aset PLN, dijaga oleh aparat demi keamanan guna mencegah apabila terjadi hal yang membahayakan.

“Kami sangat mengapresiasi usaha petugas dalam melakukan penormalan listrik sampai dengan saat ini, kami terus akan mengupayakan penormalan jaringan dan bekerjasama dengan pemerintah daerah dan aparat agar listrik kembali menyala,” kata Agung.

“Kami juga selalu mengingatkan petugas untuk menjaga protokol COVID-19 demi keselamatan bersama.”

Baca Juga: Puting Beliung Depok Sebabkan Perjalanan Kereta Terganggu

Diberitakan sebelumnya, angin kencang disertai hujan deras memporak porandakan Kota Depok pada Selasa sore sekitar pukul 17.00. Pohon dan reklame tumbang akibat kejadian itu.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Deny Romulo mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya sedikitnya ada enam titik pohon tumbang dan dua titik papan reklame roboh.

“Untuk data sementara enam pohon tumbang, dua reklame jatuh,” kata Deny.

Baca Juga: Jalanan Kota Depok Lumpuh, Imbas Dari Angin Kencang Disertai Hujan Deras

Denny mengatakan, adapun lokasi itu diantaranya, pohon tumbang di Halte Jalan Pemuda, Jalan Raya Siliwangi, Studio Alam, Jalan Raya Tapos, Depan Kantor Kecamatan Sukmajaya, dan di jalan Sersan Aning, Kecamatan Pancoran Mas.

“Sementara untuk reklame rubuh terjadi di Jalan Margonda samping BNI dan depan kantor Kecamatan Sukmajaya,” kata Deny. (ade/*)