Gara-gara Gas Bocor, Warung Soto Ludes Terbakar

Ilustrasi kebakaran (istimewa)

DEPOK – Sebuah warung soto di Jalan Raya Jakarta-Bogor, Kelurahan Sukamaju Kecamatan Cilodong, Depok, Jawa Barat, habis dilalap si jago merah pada Senin pagi, 28 Oktober 2019. Dari hasil penyelidikan sementara, peristiwa itu diduga terjadi akibat adanya kebocoran tabung gas.

Selain menghanguskan warung soto, kobaran api juga sempat merambat kepemukiman warga sekitar. Perwira Pelaksana Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan (DPPK) Kota Depok, Merdi Setiawan menuturkan diduga kebakaran disebabkan oleh kebocoran tabung gas yang digunakan untuk memasak di ruangan dapur.

“Ketika, karyawan tempat makan itu hendak masak ternyata gas mengalami kebocoran. Sewaktu, ada percikan langsung menyambar hingga terjadi kebakaran,” katanya

Api semakin tidak terkendali, hingga merambat ke ruangan lain yaitu tetangga belakang warung tersebut. Beruntung, peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa.

“Api memang cepat merambat karena di dalam ruko banyak material yang mudah terbakar seperti kursi kayu dan barang-barang lainnya,” ujarnya

Merdi menuturkan, selama melakukan pemadaman pihaknya tidak mengalami hambatan. Tetapi, karena laporan kebakaran itu sedikit terlambat sehingga menyebabkan api dengan mudah tersebar.

“Jadi laporan ke UPT Cimanggis, sedikit terlambat. Seharusnya, ketika ada kejadian kebakaran masyarajat harus cepat lapor karena api akan cepat menyebar dalam hitungan menit.”

Selanjutnya, Merdi mengungkapkan kepada masyarakat ketika melihat atau menghadapi kejadian kebakaran segera menghubungi Dinas Pemadaman Kebakaran. “Melayani adalah tugas kami, masyarakat tidak dipungut biaya. jadi jangan ragu bila terjadi kebakaran atau kejadian darurat lainnya,” tuturnya (dwi)