Gapeka 2019 Berlaku Hari ini, 1.057 KRL Commuter Line Wara-wiri di Jabodetabek

DepokToday ketika mengunjungi Dipo KRL Depok, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok.(Foto: Istimewa)

RATUJAYA-Mulai hari ini, Minggu (1/12/2019) pukul 00:00 WIB, PT Kereta Api indonesia (Persero) atau PT KAI menerapkan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) tahun 2019.

Gapeka baru ini tidak hanya berlaku bagi perjalanan kereta api jarak jauh, jarak menengah, dan lokal saja. Tapijuga berpengaruh pada perubahan jadwal perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek.

Sebagai anak perusahaan PT KAI. PT Kereta Commuter Indonesia atau PT KCI, sudah siap mengikuti Gapeka tahun 2019.

PT KCI telah menyiapkan penambahan perjalanan terhitung mulai 1 Desember 2019.

Direktur Utama PT KCI, Wiwik Widayanti, mengungkapkan, Gapeka 2019 akan menggantikan Gapeka tahun 2017.

“PT KCI pada Gapeka 2019 ini memprogramkan operasi perjalanan KRL sebanyak 90 Loop yang berjumlah 1.057 perjalanan KRL per harinya. Jumlah tersebut bertambah dibanding dengan program pada Gapeka 2017 dengan operasi perjalanan KRL sebanyak 81 Loop yang berjumlah 945 perjalanan KRL per harinya,” kata Wiwik kepada wartawan di Dipo KRL Depok, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Kamis 21 November 2019.

Kemudian, mulai 1 Desember , PT KCI akan memberlakukan penambahan jumlah perjalanan KRL pada triwulan pertama pemberlakuan Gapeka 2019 ini sebanyak 86 Loop dengan 960 perjalanan KRL dengan jumlah total sarana KRL yang dioperasikan sebanyak 1.100 unit kereta.

“Penambahan ini akan terus dilaksanakan secara bertahap berdasarkan hasil evaluasi perjalanan KRL hingga mencapai jumlah sesuai dengan program Gapeka 2019,” tuturnya

Wiwik mengungkapkan, mulai 1 Desember, jumlah perjalanan KRL untuk lintas Bogor Line sebanyak 405 perjalanan KRL yang terdiri dari Center Line Bogor atau Depok – Jakarta Kota PP terdapat 227 perjalanan dengan headway pada peak hour selama 5 menit, dan lintas Loop Line yaitu Bogor, Depok – Jatinegara PP, terdapat 178 perjalanan dengan headway pada peak hour selama 5 menit.

“Sedangkan Jumlah perjalanan KRL Bekasi Line Cikarang/Bekasi – Jakarta Kota PP sebanyak 174 perjalanan setiap harinya dengan headway pada peak hour selama 11 menit,” tambahnya.

Sedangkan untuk lintas Serpong Line (Rangkasbitung/Parung Panjang/Maja/Serpong – Tanah Abang PP) mulai 1 Desember 2019 terdapat 178 perjalanan KRL pada lintas tersebut dengan headway pada peak hour selama 10 menit. Kemudian di lintas Tangerang Line (Tangerang – Duri PP) pada pemberlakukan Gapeka 2019 ini, terdapat perjalanan KRL sebanyak 98 perjalanan dengan headway pada peak hour selama 15 menit.

Implementasi Gapeka baru ini juga berdekatan dengan persiapan Masa Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

“Seperti tahun-tahun sebelumnya kami akan melakukan Posko untuk melayani pengguna jasa. Posko ini bertujuan agar operasional tetap berjalan baik mengingat momen liburan seperti ini banyak pengguna musiman yang masih awam,” ujarnya.

Lebih lanjut Wiwik menambahkan, PT KCI juga melakukan sosialisasi pemberlakuan Gapeka 2019 melalui brosur yang berisi informasi jadwal baru, annoucement di KRL dan stasiun, serta sosialisasi melalui media sosial.

Tidak hanya itu saja, pihaknya juga akan menambah personil keamanan sebanyak 1.444 petugas PT KCI yang akan disiagakan pada dua momen tersebut.

“Jumlah itu bertambah dari  yang sebelumnya hanya berjumlah 1.408 personil. Kami juga melakukan penambahan fasilitas di beberapa Stasiun sibuk seperti Stasiun Bogor, Bekasi, Tangerang, Tanah Abang, dan Jakarta Kota,” tuturnya.

“Dalam menghadapi lonjakan penumpang, kami biasanya menyiapkan Tenda Layanan serta pengoperasian Post Mobile, dan penambahan Petugas Passanger Sevice di Stasiun,” timpalnya lagi.(rul/ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here