Ganeshow, Cara Jitu Alumni ITB Saling Menguatkan Dikala Pandemi

Kegiatan alumni ITB (Foto: Istimewa)
Kegiatan alumni ITB (Foto: Istimewa)

DepokToday- Berbagai cara dilakukan sejumlah pihak untuk saling menguatkan dikala pandemi. Seperti para alumni alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) ini. Mereka menggelar kegiatan yang semuanya berbasis online. Salah satu tujuannya adalah menggalang donasi guna membantu korban terdampak COVID-19.

Mengusung tema Kegaet Duet di September Ceria, kegiatan ini melibatkan sejumlah komunitas musisi yang seluruhnya adalah jebolan ITB.

Nah, dari sederet komunitas itu di antaranya adalah ITB Smuleans. Mereka dipercaya sebagai pengisi resmi Ikatan Alumni ITB (IA ITB) yang bertajuk Ganeshow.

Dalam keterangan resmi yang diterima DepokToday.com jaringan Hops.id, Ganeshow adalah salah satu wadah seluruh komunitas alumni ITB untuk menyalurkan seni musik dan seni suara yang di prakarsai oleh Kementerian Musik, Events & Entertainment Pengurus Pusat Ikatan Alumni ITB (PP IA ITB) tahun 2021-2025.

Acara Ganeshow

Bekerjasama dengan MuterTV, Ganeshow akan tayang streaming regular di akun Youtube MuterTV tiap Rabu malam, pukul 19.30-21.00 WIB, dan menampilkan berbagai atraksi seni kreatif secara daring untuk membangun keakraban melalui interaksi positif sesama alumnus ITB di manapun berada.

Acara itu sendiri bakal diisi oleh 10 orang penyanyi ITB Smuleans yang menampilkan menyanyi secara live di studio, duet penyanyi lintas pulau hingga pemutaran video-video seru karya kolaborasi mereka hingga talkshow mengenai sharing pengalaman penyintas mendapat dukungan dari komunitas digital ini saat perawatan COVID-19.

Baca Juga: Pasca Puting Beliung, PLN Depok Kini Dapat Ribuan Keluhan Padam Listrik

Pelaksanaan acara mengikuti prokes yang ketat serta mengkombinasikan kegiatan secara hybrid (offline dan online).

“Interaksi keakraban sesama alumnus ITB penyuka kegiatan bernyanyi secara daring melalui aplikasi Smule di wujudkan melalui wadah ITB Smuleans sejak 2017,” kata Rouli Sijabat salah satu founder ITB Smuleans dikutip pada Kamis 23 September 2021.

“Dimana interaksi silaturahmi sesama alumnus ini tidak lagi terkendala oleh lokasi yang berjauhan, perbedaan zona waktu ataupun di masa pandemik yang mengharuskan menjaga jarak, stay at home/work from home, interaksi keakraban sosial masih dapat berlangsung difasilitasi berbagai platform teknologi komunikasi seperti Whats App, Facebook, Instagram, Smule dan lain sebagainya,” sambung dia.

Alumni ITB Kumpulkan Donasi

Sementara itu, Mutiara L Purba dari kementerian music, event & entertainment, Pengurus Pusat IA ITB 2021-2025 mengatakan, Ganeshow adalah keniscayaan platform digital bagi kebersamaan dan keakraban komunitas alumni ITB, solusi para insan yang awas teknologi, mawas bersimpati dan tangkas berkontribusi.

Baca Juga: Pria Diduga Korban Pembunuhan Tergeletak di Cimanggis, Depok

Terkait hal itu ia pun mengajak para komunitas alumni ITB untuk turut meutilisasi (memanfaatkan) events Ganeshow ini untuk berbagai tujuan acara seperti talkshow interaktif, live music performance (band & sing along), fundraising, lelang, games, presentasi hingga promosi pemasaran produk.

“Terima kasih ITB Smuleans sudah menjadi salah satu bintang tamu di acara Ganeshow yang telah menarik animo penonton, bukan saja penampilan seni suara tetapi juga sharing pengalaman tentang pengaruh komunitas dalam membantu pemulihan penyintas COVID-19, ini menjadi salah satu tujuan utama acara gameshow yang penting,” katanya.

Ganeshow telah berlangsung sejak tgl 15 September 2021 secara perdana di isi oleh Forum Alumni ITB 84 dengan acara music dan menyapa kangen dan sekaligus mengumpulkan donasi. Sedangkan pada 23 Sep 2021 rencananya Keluarga Alumni ITB 93 akan menggelar kegiatan bertajuk sosialita. (rul/*)