Galang Donasi Hingga Rp 175 Miliar, Human Initiative Fokus Terdampak COVID

Presiden Human Initiative, Tomy Hendrajati (Istimewa)

CIMANGGIS- Lembaga sosial, Human Initiative berhasil menghimpun dana bantuan dari masyarakat sebanyak Rp 175 miliar. Sebagian besar donasi itu disalurkan untuk membantu korban terdampak COVID-19.

Presiden Human Initiative, Tomy Hendrajati, mengungkapkan, hal itu menjadi bukti semangat gotong royong masyarakat Indonesia masih sangat tinggi meski sedang menghadapi masa sulit akibat pandemi ini.

Tomy mengaku, tadinya ia sempat berfikir keras dengan melakukan berbagai revisi terkait program kemanusiaan tersebut.

“Kita ada satu tim kecil yang kita buat untuk melakukan kajian secara cepat terkait respon masyarakat terhadap pandemi dan dukungan kemanusiaan. Hasilnya banyak masyrakat yang masih ingin melakukan donasi, terutama pada mereka yang terdampak COVID-19,” ujarnya pada Kamis, 10 Desember 2020

Baca Juga: Begini Cara TNI Kirim Bantuan ke Zona Waspada COVID-19

Ia menuturkan, capaian dari donasi tersebut sampai dengan saat ini sudah terkumpul 70 persen dari target yang ditentukan.

“Rencana kami kan sekitar Rp 200 miliar lebih sedikit, namun alhamdulillah kita berhasil mengumpulkan Rp 175 miliar,” katanya

Tomy mengaku bangga sekaligus bersyukur, karena terbukti tingkat toleransi masyarakat Indonesia untuk saling membantu masih sangat tinggi meski sedang mengalami masa sulit.

“Nah saya kira ini kami tetap bersyukur ya, karena angka ini tuh hampir sama dengan tahun lalu, tapi di bulan November. Kita bersyukur karena masyarakat kita adalah masyrakat yang religius. Jadi mereka sangat peduli, tinggal kemudian bagaimana kita mempertanggungjawabkannya.”

Tomy menjelaskan, sebagian besar donasi yang terkumpul sudah disalurkan kepada sekira 1,5 juta masyarakat terdampak COVID-19.

“Itu dengan berbagai model, dari mulai pendistribusian sampai pemberian bantuan untuk usaha, recovery hingga APD (alat pelindung diri).”

Adapun total bantuan program yang sudah berjalan sekira 80 persen dari total nilai donasi yang terkumpul sebanyak Rp 175 miliar.

“Sisanya ada untuk program bantuan lainnya. Untuk Indonesia rata kita salurkan. Tapi tetap prioritas yang paling banyak terkena, yakni di Jawa,” ucap Tomy

Dirinya menambahkan, bantuan tersebut diprioritaskan pada warga yang belum tersentuh perhatian dari pemerintah.

“Jadi karena situasi sekarang kita prioritaskan kebutuhan sembako dan bantuan internet untuk anak sekolah. Kita memiminlaisir overlap bantuan, tugas kita mengisi ruang-ruang yang kosong dari pemerintah.”

Lebih lanjut ia mengatakan, hari ini Human Initiative telah berusia 21 tahun. Pada usia tersebut, pihaknya mengangkat tema Together for Humanity.

“Itu kami usung sebagai bentuk upaya kami, bahwa di tengah pandemi, dalam situasi resesi, berharap kita semua selalu dapat bergandengan tangan bersama untuk kemanusiaan. Khususnya dalam penguatan kolaborasi kemanusiaan menghadapi tahun 2021,” ucap Tomy

Adapun target penerima manfaat pada 2021 mendatang sebanyak 1.463.785 jiwa. (rul/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here