Final Piala Emas Concacaf 2019 Terulang di Tahun 2021

Final Piala Emas 2021 antara Amerika Serikat vs Meksiko di Las Vegas, Minggu malam, 1 Agustus 2021 waktu setempat atau Senin pagi, 8 Agustus 2021 WIB.(Foto: Twitter US Soccer NMT)
Final Piala Emas 2021 antara Amerika Serikat vs Meksiko di Las Vegas, Minggu malam, 1 Agustus 2021 waktu setempat atau Senin pagi, 8 Agustus 2021 WIB.(Foto: Twitter US Soccer NMT)

DepokToday—Final Piala Emas ke-16 akan dimainkan antara Amerika Serikat dan Meksiko di Stadion Allegiant di Las Vegas, Nevada, Senin 2 Agustus 2021 pagi WIB.

Pertemuan Amerika Serikat (AS) dengan Meksiko di babak pamungkas turnamen edisi 16 ini, pernah terjadi di babak yang sama pada Piala Emas 2019.

Amerika Serikat dan Meksiko berhadapan di final Piala Emas 2021.(Foto: Twitter US Soccer NMT)
Amerika Serikat dan Meksiko berhadapan di final Piala Emas 2021.(Foto: Twitter US Soccer NMT)

Final dua tahun lalu itu, Meksiko tampil sebagai juara setelah mengalahkan AS 1-0 di Soldier FieldChicagoIllinois, Amerika Serikat, pada 7 Juli 2019.

Gol semata wayang Jonathan dos Santos pada babak kedua memastikan Meksiko menjadi kampiun sekaligus menambah gelar juaranya menjadi delapan.

Tahun ini, AS selaku tuan rumah tunggal Piala Emas 2021, kembali diingatkan pertemuan tersebut. Misi dendam membalas kekalahan dan merampas gelar juara dari Meksiko sebagai juara bertahan turnamen, tampaknya bakal dilakukan AS.

Tampil ciamik di sepanjang turnamen dengan melumat semua pertandingan penyisihan grup hingga semifinal, menjadi bukti kuatnya skuat AS.

“Ini adalah bulan yang luar biasa bersama dan kami ingin menutupnya dengan trofi Piala Emas,” tegas Pelatih Kepala AS, Gregg Berhalter, dalam sebuah wawancara dengan concacaf.com.

Skuat Amerika Serikat.(Foto: Twitter)
Skuat Amerika Serikat.(Foto: Twitter)

BACA JUGA: Amerika Serikat Belum Terkalahkan di Piala Emas 2021

BACA JUGA: Menang Tipis, Amerika Serikat Singkirkan Jamaika dari Piala Emas 2021

BACA JUGA: Gyazi Zardes Antarkan Amerika Serikat Maju ke Final Piala Emas 2021

Skuat Meksiko di Piala Emas 2021.(Foto: Twitter)
Skuat Meksiko di Piala Emas 2021.(Foto: Twitter)

Sebagai juara bertahan, Meksiko sudah pasti enggan kehilangan gelar begitu saja. Pemegang label juara terbanyak turnamen ini juga ingin menambah koleksi trofi menjadi sembilan.

Nyaris tak melaju ke babak perempat final karena di pertandingan pembuka ditahan imbang 0-0 oleh Trinidad & Tobago, Meksiko akhirnya lolos menjadi juara Grup A setelah menyapu dua kemenangan atas Guatemala (3-0) dan El Salvador (1-0).

Di perempat final, Meksiko juga tidak menemui hambatan yang berarti. El Tricolor menang telak 3-0 atas Honduras dan melaju ke semifinal.

Pada babak empat besar, Meksiko harus berjuangan keras hingga menit ke-90 untuk lolos ke final, meski akhirnya menang tipis 2-1 atas Kanada.

BACA JUGA: Meksiko Butuh Hasil Seri untuk Lolos ke Perempat Final Piala Emas 2021

BACA JUGA: Bantai Honduras 3-0, Meksiko Tatap Semifinal Piala Emas 2021

BACA JUGA: Meksiko Susul Amerika Serikat ke Final Piala Emas 2021

Pelatih Kepala Meksiko, Gerardo Martino, tahu betul apa yang diinginkan timnya di final nanti. Trofi juara, kata dia, adalah tujuannya.

“Saya akan menyoroti keinginan para pemain untuk berada di sana, keinginan untuk menjadi bagian, keinginan bahwa sekali lagi Meksiko bermain di Final dan tentu saja untuk terus berkembang dari segi sepakbola,” kata Martino dalam sebuah wawancara dengan Concacaf.com.

“Ini adalah sekelompok pemain yang sangat berkomitmen, dan itu sangat penting untuk dimiliki ketika mencoba memenangkan gelar,” sambungnya.

Namun perlu dicatat, Meksiko belum lama ini menelan kekalahan 2-3 dari AS pada pentas Liga Negara Concacaf, tanggal 7 Juni 2021.

Hasil akhir itu wajib diperhitungkan oleh Meksiko untuk menghadapi AS di final Piala Emas 2021, Senin besok, jika mereka tak ingin kehilangan gelar juara.

(tdr/*)