Empat Tim Menanti Lawan di Perempat Final Piala Emas 2021, Siapa Saja?

Bagan sistem gugur Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)
Bagan sistem gugur Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)

DEPOK—Empat tim sudah memastikan lolos ke perempat final Piala Emas Concacaf 2021 setelah menuntaskan penyisihan grup, Senin 19 Juli 2021 WIB.

Keempat tim tersebut yaitu Meksiko (juara bertahan dan juara Grup A), El Salvador (runner-up Grup A), Amerika Serikat (tuan rumah dan juara Grup B), dan Kanada (runner-up Grup B).

DIBACA JUGA: Meksiko Rebut Posisi Juara Grup B dari El Salvador

Meksiko merebut posisi teratas Grup A Piala Emas 2021 yang dipegang El Salvador. Tidak hanya itu, sang juara bertahan juga lolos ke perempat final.

Skuat Meksiko di Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)
Skuat Meksiko di Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)

Ini terjadi setelah Meksiko menang tipis 1-0 atas El Salvador di Cotton Bowl, Dallas, Texas, Senin 19 Juli 2021 pagi WIB.

DIBACA JUGA: Amerika Serikat Belum Terkalahkan di Piala Emas 2021

Amerika Serikat (AS) meraih jumlah poin sempurna di fase penyisihan Grup B Piala Emas 2021. Tambahan tiga angka terakhir diraih usai mengalahkan Kanada 1-0.

Duel AS dengan Kanada adalah penentu siapa juara grup. Keduanya juga sudah lolos ke perempat final sehingga kalah atau menang tidak akan berpengaruh bagi posisi mereka.

Skuat Amerika Serikat di Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)
Skuat Amerika Serikat di Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)

Namun sebagai tuan rumah, AS harus menunjukkan jati dirinya sebagai tim favorit. Itu terbukti dibuktikan oleh Negeri Paman Sam di Sporting Park, Senin 19 Juli 2021 pagi WIB.

Skema Pertandingan

Menilik bagan pertandingan perempat final Piala Emas 2021 yang dirilis akun resmi Twitter Gold Cup, Meksiko, El Salvador, AS, dan Kanada, masih menunggu lawan masing-masing.

Empat tempat perempat final masih ditentukan pertandingan terakhir dari Grup C dan D yang berlangsung Rabu pagi, 21 Juli 2021 WIB.

El Salvador akan menunggu tim yang menempati juara Grup D. Penantang El Salvador bisa Honduras dan Qatar,  semuanya ditentukan dengan hasil pertandingan kedua tim nanti. Sebab selisih poin Honduras dan Qatar hanya dua poin.

Skuat El Salvador di Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)
Skuat El Salvador di Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)

Honduras yang sudah lolos ke perempat final, wajib menang atas Qatar jika ingin bertemu El Salvador. DIBACA JUGA: Honduras Maju ke Babak Sistem Gugur Usai Menang atas Panama

Panama juga masih punya kesempatan melaju ke babak berikutnya dengan harapan Honduras mampu membekuk Qatar, dan Panama menang besar lawan Grenada.

Amerika Serikat yang berada di sisi kiri dalam bagan sistem gugur bersama El Savador, menanti runner-up Grup C.

Kosta Rika dan Jamaika, yang telah memastikan diri ke babak delapan besar dari Grup C, harus bertanding untuk menentukan siapa juara grup dan runner-up.

Skuat Jamaika di Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Official J.F.F)
Skuat Jamaika di Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Official J.F.F)

Sama-sama mengumpulkan poin enam, kemenangan akan membuat salah satu tim itu tampil sebagai juara grup dan terhindar bentrok dengan sang tuan rumah Piala Emas 2021, AS.

DIBACA JUGA: Kosta Rika Menang, Tiket Perempat Final pun di Tangan

DIBACA JUGA: Jamaika Mengamankan Kemenangan Dramatis Melawan Guadeloupe

Meksiko yang berada di sisi kanan bagan sistem knock-out Piala Emas 2021 menanti lawan dari runner-up Grup D. Honduras, Qatar, dan Panama adalah salah satu lawan sang juara bertahan itu.

Skuat Honduras di Piala Emas 2021.(Foto: concacaf.com)
Skuat Honduras di Piala Emas 2021.(Foto: concacaf.com)

Sementara itu, Kanada menunggu juara Grup C, dalam hal ini antara Kosta Rika dan Jamaika. Runner-up dari grup ini akan bersua AS.

Pertandingan perempat final Piala Emas 2021 dihelat pada 24 dan 25 Juli 2021 waktu setempat.

(tdr/*)