Empat Pelatih Ini Komentari Hasil Undian Kualifikasi Piala Dunia 2022

Grup A dan Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.(Foto: Twitter FIFA World Cup)
Grup A dan Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.(Foto: Twitter FIFA World Cup)

DEPOK—Empat pelatih mengomentari hasil undian pembagian grup Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia yang dilakukan pada 1 Juli 2021 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Seperti diketahui, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah mengundi 12 tim ke dalam dua grup (A dan B). Masing-masing grup diisi enam tim.

Adapun hasil undiannya, Grup A: IR Iran, Republik Korea, Uni Emirat Arab (UEA), Irak, Suriah, dan Libanon. Sedangkan Grup B: Jepang, Australia, Arab Saudi, Cina PR, Oman, dan Vietnam.

Persaingan ketat menuju Qatar diprediksi akan terjadi di Grup B, dimana tiga tim papan atas Asia; Jepang, Arab Saudi, dan Australia, berada di dalamnya.

Ketiga tim yang menjadi langganan berlaga di Piala Dunia itu akan saling adu kekuatan untuk bisa lolos langsung ke Qatar.

DIBACA JUGA: Ini Hasil Pembagian Grup Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia

Lantas bagaimana komentar pelatih setelah melihat hasil undian tersebut? Dari Grup A, Pelatih IR Iran, Dragan Skocic, dan Pelatih Republik Korea, Paulo Bento, angkat bicara.

Dragan Skocic.(Foto: the-afc.com)
Dragan Skocic.(Foto: the-afc.com)

“Iran selalu menjadi pembangkit tenaga sepak bola Asia. Saya puas dengan tujuh kemenangan yang kami dapatkan selama kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Lebih penting lagi, hasil ini dicapai di bawah tekanan mental yang besar di mana tidak ada kesalahan yang diizinkan. Kami sangat termotivasi dan siap menerima tantangan apa pun,” kata Pelatih IR Iran, Dragan Skocic, dikutip fifa.com.

Pelatih Republik Korea, Paulo Bento, mengklaim Grup A adalah grup yang sulit dan dirinya enggan membandingkan kekuatan skuatnya dengan lima tim lainnya.

Paulo Bento.(Foto: the-afc.com)
Paulo Bento.(Foto: the-afc.com)

“Hal terpenting yang harus kami lakukan adalah mengembangkan pemain kami lebih jauh. Kami harus berpikir ini adalah grup yang sulit dan seimbang dan kami akan mencoba melakukan yang terbaik, mencapai tujuan kami yaitu lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022,” tegas Bento.

Harus Siap dan Fokus

Dari Grup B, Pelatih Jepang, Hajime Moriyasu, dan Pelatih Australia, Graham Arnold, juga melontarkan komentarnya.

Hajime Moriyasu.(Foto: the-afc.com)
Hajime Moriyasu.(Foto: the-afc.com)

“Kami mendapatkan hasil yang bagus tetapi itu tidak menjamin kesuksesan di masa depan. Kami selalu harus siap untuk lawan kami berikutnya. Saya pikir ini adalah grup yang sangat sulit dan semua lawan kami adalah tim yang sangat bagus. Kami hanya akan mempersiapkan diri, dan bersiaplah untuk kualifikasi,” tutur Pelatih Jepang, Hajime Moriyasu.

Graham Arnold selaku Pelatih Australia mengungkapkan, skuatnya akan fokus menghadapi pertandingan kualifikasi ini.

“Kedua grup itu kuat, tetapi yang bisa kami lakukan hanyalah fokus pada diri kami sendiri dan memastikan kami mempersiapkan diri untuk siapa pun yang kami mainkan dan kapan pun kami bermain,” katanya.

Graham Arnold.(Foto: the-afc.com)
Graham Arnold.(Foto: the-afc.com)

“Apa yang kami pelajari dari fase kedua, di mana kami harus memainkan tujuh dari delapan pertandingan tandang dan kami memenangkan semua delapan pertandingan, itu memberi para pemain banyak kepercayaan dan kepercayaan diri,” Arnold menambahkan.

(tdr/*)