El Salvador Lolos ke Perempat Final, Meksiko Menjaga Asa

Pemain El Salvador merayakan gol ke gawang Trinidad dan Tobago.(Foto: Twitter Gold Cup)
Pemain El Salvador merayakan gol ke gawang Trinidad dan Tobago.(Foto: Twitter Gold Cup)

FRISCO, TEXAS—El Salvador menjadi tim pertama yang memastikan diri lolos ke perempat final Piala Emas Concacaf 2021 usai mengalahkan Trinidad dan Tobago 2-0.

Bertanding di Stadion Toyota, Frisco, Texas, Rabu malam 14 Juli 2021 waktu setempat, dua gol kemenangan El Salvador dicetak oleh Jairo Henriquez 30 menit dan Walmer Martinez menit ke-90.

DIBACA JUGA: Piala Emas Concacaf 2021 Dimulai, Sudah Berlangsung Empat Hari

Itu adalah kemenangan kedua El Salvador di turnamen edisi ke-16 ini. Di pertandingan sebelumnya Cuscatlecos—julukan El Salvador—memetik kemenangan atas Guatemala 2-0.

Klasemen sementara Grup A Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)
Klasemen sementara Grup A Piala Emas 2021.(Foto: Twitter Gold Cup)

Hasil tersebut selain menempatkan posisi El Salvador di puncak klasemen sementara Grup A dengan enam poin, tetapi juga membawa mereka lolos ke perempat final Piala Emas pertama kali sejak edisi 2017.

Meksiko Menang

Di pertandingan Grup A lainnya, Meksiko menjaga asa lolos ke babak gugur setelah menggasak Guatemala 3-0 di Cotton Bowl, Dallas, Texas, Rabu malam waktu setempat.

Rogelio Funes Mori menyumbang dua dari tiga gol Meksiko ke gawang Guatemala. Satu gol lagi dicetak Orbelin Pineda di menit 79.

Rogelio Funes Mori.(Foto: Twitter Gold Cup)
Rogelio Funes Mori.(Foto: Twitter Gold Cup)

Dua gol Funes Mori pada menit 29 dan 55 menjadi gol internasional ketiga untuk pemain kelahiran Argentina itu bersama El Tricolor, julukan Meksiko. Dwi gol tersebut juga jadi yang pertama bagi Funes Mori dalam kompetisi Concacaf.

Hasil ini merupakan kemenangan pertama Meksiko di Grup A Piala Emas 2021. Di laga sebelumnya, Meksiko bermain imbang tanpa gol dengan Trinidad dan Tobago.

Dengan sudah dua kali bertanding, Meksiko mengumpulkan poin empat (satu menang, satu imbang). Meksiko pun untuk sementara menempati ururan kedua klasemen Grup A.

DIBACA JUGA: Taklukkan Brasil 1-0, Argentina Angkat Trofi ke-15 Copa Amerika

Meksiko hanya terpaut dua poin dengan pemimpin klasemen Grup A, El Salvador. Kedua tim akan bertemu di pertandingan terakhir penyisihan grup atau matchday 3 hari Senin 19 Juli 2021 pukul 09:00 WIB.

Sementara itu, di hari yang sama, Trinidad dan Tobago akan bersua Guatemala. Laga ini menjadi penentu bagi Trinidad dan Tobago untuk melangkah ke babak selanjutnya.

(tdr/*)