Duel Seru! Tim Nomor Satu Dunia Lawan Juara Bertahan Piala Eropa

Skuat Belgia.(Foto: Twitter Belgia)
Skuat Belgia di Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter Belgia)

SEVILLA—Duel seru babak 16 besar Piala Eropa 2020 akan tersaji di Stadion La Cartuja, Sevilla, Spanyol, ketika Belgia jumpa Portgal dini hari nanti WIB.

Belgia sebagai tim peringkat satu dunia versi FIFA bertekad menjegal sang juara bertahan Piala Eropa, Portugal, untuk kembali naik podium juara.

Menghadapi Portugal, bisa dibilang seri putaran yang berat untuk Setan Merah—julukan Belgia. Sebab kedua tim ingin menjaga gengsi titel masing-masing, sekaligus meraih tiket perempat final.

Melihat rekam jejak di fase penyisihan grup, Belgia memiliki catatan apik. Melumat semua pertandingan dengan kemenangan sehingga lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup B.

Pemain Belgia merayakan gol ke gawang Rusia.(Foto: Twitter UEFAEURO2020)
Pemain Belgia merayakan gol ke gawang Rusia.(Foto: Twitter UEFAEURO2020)

Rusia (menang 3-0), Denmark (menang 2-1), dan Finlandia (menang 2-0) adalah tiga korban keganasan Belgia di pertandingan penyisihan grup. DIBACA JUGA: Belanda dan Belgia Melenggang ke Babak Gugur Piala Eropa 2020

Mungkinkan tren kemenangan Belgia berlanjut kala bersua Portugal, Senin 28 Juni 2020 dini hari WIB? Pelatih Belgia, Roberto Martinez, mengaku sangat termotivasi dengan pertandingan ini.

“Kami termotivasi dan fokus. Inilah tujuan kami melakukannya. Saya merasakan banyak kegembiraan dan energi di grup,” kata Martinez dilansir uefa.com.

Martinez pun mengomentari permainan Portugal. “Portugal adalah tim yang cepat beradaptasi dengan keadaan. Baik itu terbuka atau tertutup pertandingan, tergantung pada apa yang terjadi. Apakah akan ada gol awal?” ujarnya.

Terseok-seok

Perjalanan Portugal ke babak 16 besar adalah perjalanan yang jauh lebih bergelombang, bahkan terseok-seok.

Portugal menunjukkan kesabaran yang sama dalam kemenangan 3-0 mereka melawan Hungaria, tetapi secara mengejutkan keropos ketika dikalahkan 4-2 oleh Jerman.

Laga terakhir Portugal melawan Prancis pun kurang sedap. Cristiano Ronaldo dkk ditahan imbang sang runner-up Piala Eropa 2016 itu dengan skor 2-2.

Berkat dua gol penalti sang kapten, Cristiano Ronaldo, Portugal akhirnya finis di posisi ketiga klasemen akhir Grup F. Sang juara Piala Eropa 2016 ini lolos ke babak 16 besar melalui jalur peringkat tiga terbaik.

Skuat Portugal.(Foto: Twitter)
Skuat Portugal di Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter)

Pelatih Portugal, Fernando Santos, menganggap pertandingan melawan Belgia adalah final.

“Tim-tim ini adalah kelas yang sama. Ini final; ini untuk menang, bukan untuk bermain. Kami tahu kami akan memiliki lawan yang bagus. Belgia mencetak gol dan jarang kesulitan. Ada beberapa pemain yang lebih berpengaruh, tapi Belgia tidak akan man-mark dan kami juga tidak,” katanya.

Fernando Santos.(Foto: Twitter)
Fernando Santos.(Foto: Twitter)

Meski berat, tapi Santos percaya jika Portugal mampu bemain lebih baik daripada Belgia. “Saya percaya, berharap dan yakin bahwa kami akan lebih baik,” demikian Santos.

Sekadar informasi, pemenang laga ini akan bertemu Italia di babak perempat final Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Munchen, Jerman, Jumat 2 Juli 2021.

(tdr/*)