Dua Mahasiswi Cantik FKG UI Jadi Sorotan Thailand, Ini Sebabnya

Nabila Daneta Putri, mahasiswi FKG UI yang berhasil meraih juara 3 diajang kompetisi internasional mahasiswa kedokteran gigi (depoktoday.hops.id)
Nabila Daneta Putri, mahasiswi FKG UI yang berhasil meraih juara 3 diajang kompetisi internasional mahasiswa kedokteran gigi (depoktoday.hops.id)

DEPOK- Universitas Indonesia atau UI kembali mengharumkan nama bangsa di mata dunia. Kali ini, kebanggaan itu dipersembahkan oleh Nabila Daneta Putri dan Syafira Irviana Nawir, mahasiswi jenjang sarjana angkatan 2017 Fakultas Kedokteran Gigi atau FKG UI.

Mereka berhasil meraih juara 3 untuk Undergraduate Student Reserach Competition Category pada kompetisi internasional mahasiswa kedokteran gigi The FDCU International Symposium 2021 and the 33rd Research Day, yang diselenggarakan oleh Faculty of Dentistry, Chulalongkorn University, Thailand.

Keduanya berhasil menorehkan prestasi dan mewakili Indonesia di bawah supervisi drg. Melissa Adiatman, dan drg. Peter Andreas. Ajang perlombaan ini diselenggarakan secara daring pada 24 Mei 2021.

Nabila mempresentasikan penelitian dengan topik COVID-19 yang berkaitan dengan dental education berjudul Knowledges, Perceptions, Attitudes, and Preparedness of Indonesian Dental Co-Assistant Students about COVID-19 Disease and Infection Control.

Sedangkan Syafira mempresentasikan penelitian berjudul Evaluation and Satisfaction of Dentistry Students in University of Indonesia Towards Online Learning during The COVID-19 Pandemic.

“Kegiatan simposium internasional ini mempererat kerjasama internasional antar fakultas kedokteran gigi, dan menjadi ajang mahasiswa untuk menampilkan penelitian yang pernah mereka lakukan,” kata Dosen Pembimbing dari Departemen Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat-Pencegahan FKG UI, drg Melissa Adiatman dikutip pada Jumat 4 Juni 2021.

Syafira Irviana Nawir, mahasiswi FKG UI yang berhasil meraih juara 3 diajang kompetisi  internasional mahasiswa kedokteran gigi (depoktoday.hops.id)
Syafira Irviana Nawir, mahasiswi FKG UI yang berhasil meraih juara 3 diajang kompetisi internasional mahasiswa kedokteran gigi (depoktoday.hops.id)

Baca Juga: Menguak Peringkat UI di Jajaran Perguruan Tinggi Dunia

Selain itu, menurutnya kegiatan ini menjadi motivasi mahasiswa berpartisipasi dalam kompetisi internasional. Melissa juga menyebut, penelitian ini menjadi pengalaman berharga bagi kedua mahasiswa dan para dosen yang mensupervisi.

“Sebab melalui penelitian tersebut kami dapat mengetahui situasi terkini akan pengetahuan, persepsi, sikap, dan preparedness dari mahasiswa kedokteran gigi se-Indonesia mengenai penyakit COVID-19 dan pembelajaran daring yang menjadi alternatif metode pembelajaran akibat pandemi ini,” jelasnya.

Tanggapan Mahasiswi FKG UI Ketika Ikut Lomba

Sementara itu, Nabila berharap semoga penelitiannya dan Syafira dapat bermanfaat bagi masyarakat umum, mahasiswa kedokteran gigi, pemerintah, dan institusi pendidikan khususnya yang berkaitan dengan kedokteran gigi serta semoga dengan keikutsertaannya dalam ajang kompetisi internasional ini.

“Semoga kegiatan ini dapat menggiring semangat yang tinggi untuk membangun hubungan tali silaturahmi dengan mahasiswa kedokteran gigi antar negara, serta membentuk pola pikir keilmuan yang kritis agar dapat menghasilkan karya penelitian lainnya untuk tingkat mahasiswa,” katanya.

Sebagai informasi, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Chulalongkorn di Thailand sebagai penyelenggara acara ini merupakan universitas terbaik di Thailand.

Fakultas ini fokus pada advanced and basic dental researches and dental innovation dengan lebih dari 100 peneliti. Di fakultas ini terdapat fasilitas dan peralatan penelitian mutakhir yang didukung oleh para peneliti terlatih. (rul/*)