Dua Hari, Enam Warga Depok Tewas Akibat COVID

0
136
Wakapolres Metro Depok, AKBP Hari Setyo Budi (kiri) secara simbolis membagikan 5000 masker untuk warga Depok (Istimewa)

MARGONDA– Jumlah kasus terkait COVID-19 di Kota Depok masih terus bertambah. Berdasarkan data yang diunggah melalui situs resmi pemerintah setempat, untuk kasus terkonfirmasi positif naik 116 orang dengan korban meninggal dunia enam orang, selama dua hari terakhir.

Jika ditotal secara keseluruhan, maka jumlah kasus positif telah mencapai 2.613 orang, sembuh 1.798 orang, dan meninggal dunia 92 orang. Angka itu merupakan hasil pendataan sampai dengan Rabu 9 September 2020.

Sedangkan jika dihitung sampai pada periode Senin 7 September 2020, jumlah kasus terkonfirmasi positif 2.497 orang, sembuh 1.742 orang, dan meninggal dunia 86 orang. Itu artinya, telah terjadi peningkatan trend kasus positif sebanyak 116 orang, dan meninggal dunia enam orang.

Kian bertambahnya jumlah kasus dikarenakan gugus tugas semakin masif melakukan swab. Di sisi lain, kesadaran masyarakat akan kepatuhan menjalani protokol kesehatan, seperti penggunaan masker dan jaga jarak cenderung menurun.

Tak sedikit yang masih abai dengan anjuran tersebut. Ini terbukti dari banyaknya jumlah pelanggar yang ditindak Satuan Polisi Pamong Praja (SatpolPP) Kota Depok.

“Tapi kami tidak bosan-bosannya memotivasi masyarakat supaya tetap menggunakan masker,” kata Sekretaris SatpolPP Depok, Ferri Birowo saat ditemui di lapangan utama Polres Metro Depok pada Kamis 10 September 2020

Dirinya mengakui, dalam sehari tim gabungan yang terdiri dari SatpolPP, TNI dan Polri bisa menindak ratusan pelanggar yang tak mengenakan masker. Rata-rata pelakunya adalah usia remaja.

“Saya lihat masyarakat kita terutama adik-adik remaja mungkin sudah jenuh di dalam rumah. Sayangnya mereka abai dengan protokol kesehatan,” ujarnya

Terkait hal itu, Ferri berjanji pihaknya bakal semakin gencar melakukan patroli dan razia protokol kesehatan guna menekan penyebaran COVID-19. Selain penindakan, aparat juga kian masif melakukan sosialisasi pencegahan virus berbahaya tersebut.

Polri bagikan 5000 masker gratis untuk warga Depok (Istimewa)

Polri sendiri hari ini telah melakukan aksi serentak pembagian masker di sejumlah daerah. Salah satunya adalah Kota Depok yang kedapatan mendapat jatah sebanyak 5000 masker.

“Pembagian masker ini sekaligus untuk kita sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan COVID-19. Kita juga mensosialisasikan agar penyelenggaraan Pilkada itu dapat dilaksanakan dengan tetap mempedomi protokol kesehatan,” kata Wakapolres Metro Depok, Ajun Komisaris Besar Polisi Hari Setyo Budi

Lebih lanjut Hari menuturkan, dari hasil evaluasi sampai saat ini, penggunaan masker oleh masyarakat di wilayah Depok, sudah ada peningkatan. Namun demikian, masih ada saja yang melanggar.

“Tapi prosentasenya sangat sedikit masyarakat kita yang tidak menggunakan masker secara baik dan benar. Misalnya kadang ada yang digunakan di dagu atau karena lalainya lupa, tapi itu sebagian kecil saja.”

Hari pun berharap, kedepan kesadaran masyarakat akan semakin meningkat sehingga mampu memutus mata rantai penyebaran COVID-19. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here