dr. Zaidul Akbar Sarankan Minum Jahe Pandan, Sederet Penyakit Ini Rontok

dr. Zaidul Akbar sarankan minum jahe dan pandan untuk atasi penyakit maag dan lain-lain. (Foto: Istimewa)
dr. Zaidul Akbar sarankan minum jahe dan pandan untuk atasi penyakit maag dan lain-lain. (Foto: Istimewa)

DepokToday- Pendakwah yang dikenal dengan metode Jurus Sehat Rasulullah (JSR), dr. Zaidul Akbar tak pernah bosan untuk terus mengingatkan tentang manfaat tanaman herbal bagi kesehatan. Dan Indonesia adalah surganya kebutuhan tersebut.

Beberapa tanaman herbal yang berkhasiat tersebut di antaranya adalah jahe dan pandan. Menurut dr. Zaidul Akbar, jika kedua bahan itu rutin dikonsumsi maka manfaatnya sungguh luar biasa bagi kesehatan seseorang.

“Nasib kita akan beda kalau minum ini (jahe dan pandan) dibanding dengan mohon maaf, teh sachet. Masalahnya kita nggak biasa minum beginian. Padahal ini bisa obat tidur, maag juga dan lain-lain,” katanya dikutip dari akun YouTube SalingSapaTV pada Selasa 26 Oktober 2021.

Baca Juga: Bikin Imun Khusus Bereaksi, Ternyata Begini Dahsyatnya Manfaat Bekam

Selain itu, ada pula sereh. Bahkan pada suatu saat, kata dr. Zaidul Akbar, pernah ada seorang wanita yang berbagi pengalaman padanya ketika kena autoimun. Penyakit jenis ini di dunia barat belum ada obatnya selain steroid yang banyak efek sampingnya.

“Nah yang jadi masalah kita harusnya yakin kalau semua penyakit itu ada obatnya. Nggak mungkinlah Allah menciptakan kita tanpa menyediakan sarana prasarana untuk sehat. Setiap penyakit pasti ada obatnya,” kata dia.

Baca Juga: DPRD Cium Gelagat Mencurigakan Idris Soal Perda Religius

Si wanita tersebut, kata dr. Zaidul Akbar lantas berhenti mengkonsumsi bahan-bahan yang membuat masalah di tubuhnya, seperti gula pasir dan produk yang berbasis tepung.

“Dia ibu itu mulai rajin minum sereh. Apa yang terjadi? Dia bilang banyak sekali hal-hal yang dia rasakan satu persatu hilang,” ujarnya.

Kunci Sehat dr. Zaidul Akbar

Yang harus dipahami itu, lanjut dr. Zaidul Akbar, Allah sudah menyiapkan kata kuncinya, yakni mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat.

“Jadi kalau sakit jangan cari herbalis, dokter, ataupun terapis, tapi carilah Allah. Kalau punya masalah atau sakit maka segera berwudhu, shalat, minta petunjuk sama Allah,” tuturnya.

Baca Juga: Manfaat Daun Seledri untuk Liver, dr Zaidul Akbar: Ada di Al Quran

“Masalahnya selama ini kita sering lupa. Punya sakit berat bergantung sama obat, sama herbal, nggak bisa. Saya katakan demi Allah kalau Allah tidak berkehendak tidak akan terjadi (sembuh),” sambungnya.

Kemudian, dr. Zaidul Akbar menyarankan seseorang yang memiliki sakit keras untuk menunaikan shalat malam.

“Maka rasakan nikmatnya solat malam, solat malam itu obat paling baik untuk panyakit-penyakit berat dan itu ada risetnya. Maka kalau kita jadikan syariat yang Nabi contohkan obatnya itu ada di syariat. Tapi ingat, kita tidak melakukannya untuk sehat, tapi untuk mengharap ridho Allah.”

Baca Juga: Jangan Takut Sakit, Dokter Zaidul Bocorkan Manfaat Mandi Hujan

Maka, kata dia, kembali ke konsep sehat dalam Islam, sehat itu bermula dari kalbu (hati) dulu. Lalu, perbanyak puasa kurangi makan.

“Kalau hatinya sehat maka fisiknya akan sehat. Anda tidak akan bisa shalat khusyuk kalau makannya kebanyakan.” (rul/*)