Dokter Zaidul Punya Tips Mudah untuk Sembuh, Hindari Makanan Ini

Ilustrasi makanan yang tidak disarankan oleh dokter Zaidul Akbar untuk mempercepat kesembuhan (Foto: Istimewa)
Ilustrasi makanan yang tidak disarankan oleh dokter Zaidul Akbar untuk mempercepat kesembuhan (Foto: Istimewa)

DepokToday- Dokter yang juga pendakwah Zaidul Akbar mengatakan, untuk sehat ada cara mudah dan tidak perlu rumit dengan berbagai pengobatan. Menurutnya, hanya dengan mengurangi asupan gula, tepung, dan makanan olahan, tubuh lebih cepat menyembuhkan diri.

Dilansir dari suara.com, kata dokter Zaidul Akbar, apa yang dimakan oleh seseorang juga bisa mencerminkan kesehatan tubuhnya.

Dengan demikian, ada beberapa makanan tertentu yang bisa menghambat metabolisme, sehingga tubuh sulit untuk sembuh ketika menderita suatu penyakit.

“Ketika itu disetop (makanan olahan, gula, dan tepung) banyak yang bisa diperbaiki atau tubuh sudah bisa recovery sendiri lebih cepat,” katanya melalui kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, dikutip pada 7 Oktober 2021.

Baca Juga: Prostitusi Online Picu Aksi Biadab Aming Habisi Nyawa Cewek di Cipayung

Pria yang mencetus Jurus Sehat Rasulullah (JSR) itu juga mengungkapkan, selain tubuh bisa memulihkan diri jadi lebih cepat, dengan menghindari beberapa makanan tersebut, bisa mengatasi masalah menstruasi hingga pencernaan.

Bahkan, dengan menghindari pola makan tersebut juga sangat efektif memperbaiki mood atau emosi.

“Bukan hanya menstruasi diperbaiki, ternyata mood lebih baik, jantung lebih baik, otak pola pikir tidak lelaki dan perempuan,” tuturnya.

Baca Juga: Kisah Bang Aziz, Jawara Depok yang Dibayar Rp 15 Juta untuk Berantem 5 Menit

Hal itu selaras dengan hasil di berbagai kajian dan literatur yang menyebutkan, mengonsumsi makanan tinggi gula, tinggi tepung dan makanan siap saji olahan meningkatkan risiko penyakit kronis diabetes, jantung, hingga hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Dokter Zaidul Ajak Milenial Tiru Kebiasaan Rasulullah

Apalagi jika pola konsumsi buruk tersebut tidak diiringi dengan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga, konsumsi buah dan sayur, serta tidur yang cukup, maka akan semakin tinggi risikonya terkena berbagai penyakit kronis tersebut.

Karena itulah dokter Zaidul Akbar menganjurkan untuk menerapkan pola makan dalam Islam yang konsepnya sederhana. Intinya, kata dia,  tidak perlu mengikuti tren, di mana makanan harus dihias sedemikian rupa atau makan di tempat dengan konsep tertentu.

“Islam itu dalam urusan makanan sangat sederhana, Rasulullah mencontohkan kepada kita semua. Jadi kalau ada makanan beliau makan, kalau tidak ada makanan dia puasa,” ujarnya. (rul/*)