Dokter Zaidul Akbar Larang Olahraga Pada Waktu Ini, Risikonya Berbahaya

Dokter Zaidul Akbar (Foto: Istimewa)
Dokter Zaidul Akbar (Foto: Istimewa)

DepokToday- Dokter yang juga dikenal sebagai pendakwah, Zaidul Akbar mengungkapkan, ada waktu-waktu tertentu seseorang dilarang untuk berolahraga. Jika dilanggar, risikonya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Menurut dia, sebaiknya olahraga dilakukan saat matahari masih bersinar. Sebab jika tidak, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Zaidul Akbar menyebut, olahraga pada malam hari dapat menyebabkan penumpukan racun di tubuh.

Baca Juga: Bauksit, ‘Harta Karun’ Indonesia yang Tahan 78 Tahun

Ia menjelaskan, jika nekat olahraga di waktu malam, tubuh akan kesulitan mendapatkan oksigen.

“Ketika manusia beraktivitas dari pagi hari sampai matahari terbit, maka dia akan mendapat oksigen,” katanya dikutip DepokToday.com dari mapaybandung.

Zaidul mengatakan, saat matahari terbit, tumbuhan menghasilkan oksigen karena proses fotosintesis. Sedangkan ketika malam hari, tumbuhan tidak lagi mengeluarkan Co2 atau oksigen.

“Jadi kita yang beraktivitas di malam hari, hanya akan mendapatkan karbondioksida. Begitupun untuk olahraga,” ujarnya

Zaidul Akbar Ungkap Bahaya Olahraga Malam

Zaidul Akbar menerangkan, secara fisiologis, hormon yang bekerja saat malam hari, adalah hormon rileks, hormon untuk istirahat. Dengan demikian, pada saat malam hormon adrenalin tak akan bekerja maksimal.

Baca Juga: Terpopuler DepokToday, 4 Oktober 2021: 7 Penyebab Jadi Pelupa, Cara Bikin Tikus Rumah Kapok

Hormon adrenalin adalah hormon yang membantu kita meningkatkan aktivitas. Nah, ia lebih menyarankan agar olahraga dilakukan pada pagi hari, siang, atau sore.

“7 menit sampai 10 menit olahraga pagi cukup kok, banyak aplikasi pedoman 7 menit berolahraga bisa kita download,” tuturnya. (rul/*)